TribunMedan/

Hari Kartini

Siswa SMA Kartika I-1 Pakai Kebaya Dan Batik Pada Hari Kartini

Dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2016) ini, siswa SMA Kartika I-1 menggunakan kebaya dan batik.

Siswa SMA Kartika I-1 Pakai Kebaya Dan Batik Pada Hari Kartini
Tribun Medan / Array
Siswi SMA Kartika I-1 Medan mengenakan kebaya saat hari Kartini. Para siswa terlihat belajar dengan mengenakan batik dan kebaya 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam memperingati hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2016) ini, siswa SMA Kartika I-1 menggunakan kebaya dan batik. Mereka menggunakan kebaya dan batik saat proses belajar mengajar berlangsung.

"Ini sebenarnya ide dari dewan guru. Jadi, pada hari Kartini ini bukan hanya siswa dan siswi saja yang mengenakan batik dan kebaya, guru-guru juga ikut menggunakan pakaian tradisional Indonesia," kata Kepala Sekolah Kartika I-1, Syuratty Astuti Rahayu Manalu, Kamis (21/4/2016).

Menurut Syuratty, dengan mengenakan batik dan kebaya, diharapkan siswa dan siswi bisa lebih mencintai budaya Indonesia.

Siswa dan siswi diminta menghormati bagaimana perjuangan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

"Diharapkan, siswa dan siswi ini tidak hanya mengenal sosok Kartini dari buku saja. Kami menerapkan ini, agar siswa dan siswi bisa lebih faham bagaimana perjuangan Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita," ungkapnya.

Dari pantauan Tribun, beberapa siswa dan siswi yang mengenakan kebaya dan batik tampak begitu gembira.

Seperti halnya yang disampaikan oleh Nurhayati Hazmar Ritonga (16). Siswa kelas XI IPA I ini mengaku sangat senang mengenakan kebaya.

"Ya, perasaannya senang. Di hari Kartini ini, diharapkan kita semua bisa lebih memahami arti perjuangan seorang wanita," katanya.

(ray/tribun-medan.com)

Penulis: Array A Argus
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help