Ramadan 2016

Tiap Tahun, 20 Tunanetra Lancar Baca Al Quran

Setiap tahun ada 20 tunanetra yang bisa lancar membaca Al Quran Braille. Meningkatnya jumlah tunanetra yang mahir

Tiap Tahun, 20 Tunanetra Lancar Baca Al Quran
Tribun Medan / Dedy
Persatuan Tunanetra Indonesia Sumut (Pertuni Sumut) membaca Al Quran 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Setiap tahun ada 20 tunanetra yang bisa lancar membaca Al Quran Braille. Meningkatnya jumlah tunanetra yang mahir membaca Al Quran itu karena mereka tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia Sumatera Utara (Pertuni Sumut).

Hal ini diketahui saat Pertuni menggelar tadarus di Jalan Sampul No 30 Medan.

"Jadi sekarang, setiap tahunnya ada 20 orang yang tamat membaca Al Quran dengan lancar," kata Ketua Pertuni Sumut Khairul Batubara di ruangnya.

Di Pertuni Sumut para tunanetra bisa mendapatkan fasilitas Al Quran Braille secara gratis. Mereka juga langsung dibimbing ustaz tunanetra saat tadarus bersama. Selain itu, tadarus ini merupakan kegiatan rutin Pertuni Sumut.

"Awalnya dulu ada beberapa tunanetra berhasil ikut MTQ dan menang lomba. Jadi tunanetra yang lain termotivasi. Setelah itu dilakulanlah tadarus rutin. Setiap Kamis Pertuni tadarus bersama. Tidak hanya bulan Ramadan tapi juga bulan lainnya," kata Khairul.

Secara keseluruhan sudah ada 120 tunanetra yang berada di Pertuni yang bisa membaca Al Quran. Hal itu dikarenakan jumlah Al Quran Braille yang tersedia cukup mumpuni. Saat ini yang menjadi kendala adalah biaya transportasi para tunanetra menuju Kantor Pertuni.

"Kendalanya biaya transpor. Kalau Al Qurannya Alhamdulillah sudah cukup. Harapan saya semoga ada bantuan pemerintah untuk meringankan dan menolong para tunanetra," pungkas Khairul Batubara

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved