Sakit Kanker Harus Minta Rekomendasi

Apakah sakit kanker teroid juga harus melakukan pengecekan melalui dokter klinik rujukan terlebih dahulu? paman saya divonis kanker teroid

Sakit Kanker Harus Minta Rekomendasi
KOMPAS.com/Reni Susanti
Untuk meningkatkan pelayanan, BPJS Kesehatan membuka lima kantor cabang baru di Indonesia secara serentak, Rabu (30/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com - Apakah sakit kanker teroid juga harus melakukan pengecekan melalui dokter klinik rujukan terlebih dahulu? paman saya divonis kanker teroid oleh salah satu rumah sakit.

Dan kami keluarga ingin melakukan pengecekan atau second opinion dari dokter rumah sakit lain. Apakah biaya pengecekan itu ditanggung BPJS?

Tergantung Rekomendasi Dokter

Biaya ditanggung BPJS apabila peserta BPJS telah melakukan prosedur, mulai dari melakukan pengecekan di klinik rujukan dan mendapatkan rekomendasi dari dokter di sana atas penanganan yang harus dilakukan seperti scan, cek darah dan lain-lainnya.

Terpenting hal itu merupakan rekomendasi dokter bukan atas permintaan pasien, karena dokterlah yang mengetahui pasti kebutuhan seorang pasien harus ditindaklanjuti seperti apa.

Begitu pula dengan pasien kanker teroid, pasien harus diperiksa mengikuti rekomendasi dokter klinik, baru bisa dilakukan penanganan scan dan lain-lainnya ditanggung BPJS.

Atau jika pasien merasakan sakit dan dalam kondisi darurat, dapat mendatangi rumah sakit tertentu untuk ditangani oleh rumah sakit yang terdaftar BPJS.

Sri Yulizar Pohan
Kepala Departemen Pemasaran dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Divre Sumut-Aceh

(sil/tribun-medan.com)

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved