Pencuri ATM Antarprovinsi Ditangkap Polisi saat Beraksi di Medan

"Satpam di lokasi kemudian melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian hingga pelaku berhasil diamankan,"

Pencuri ATM Antarprovinsi Ditangkap Polisi saat Beraksi di Medan
Tribun Medan/ Joseph Ginting
Spesialis pencuri ATM bernama Ilham Riadi (43) saat dipaparkan Kapolsek Medan Kota AKP MartuasahTobing didampingi Kanit Reskrim AKP Martualesi Sitepu dan Panit Reskrim Ipda Ridwan, Selasa (30/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Joseph Ginting

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Spesialis pencuri kartu Automatic Teller Machine (ATM) bernama Ilham Riadi (43) warga Jalan Durung, Kecamatan Medan Tembung berhasil diamankan anggota kepolisian dari Polsek Medan Kota saat beraksi di Jalan Amaliun, Kelurahan Kota Matsum III, Kecamatan Medan Maimun.

Informasi yang dihimpun di kepolisian, kejadian bermula saat korban Muhammad Hamdan (43) warga Jalan Tinta, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah tengah mengambil uang di galeri ATM BNI yang berada di lokasi.

Namun saat memasukkan kartu ke dalam mulut ATM, kartu tersangkut. Pelaku pun kemudian datang dan pura-pura membantu korban dengan maksud mencuri kartu korban dan menganti dengan kartu ATM-nya yang palsu.

"Saat itu korban langsung curiga dan terjadi keributan. Satpam di lokasi kemudian melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian hingga pelaku berhasil diamankan," ujar Kapolsek Medan Kota, AKP Martuasah Tobing kepada wartawan, Selasa (30/8/2016).

Setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku ternyata sudah berkali-kali melakukan aksinya. Termasuk di Kota Padang, Sumatera Barat. Pelaku modusnya pura-pura membantu korban yang mengalami kartu ATM lengket karena sebelumnya pelaku memasukkan tusuk gigi agar kartu tersangkut, kemudian menukarkan kartu ATM tersebut.

"Ada 20 kartu ATM yang kita amankan dari berbagai Bank dari tangan pelaku. Dan sampai saat ini masih kita lakukan pengembangan. Apabila ada warga yang kehilangan mohon mendatangi Polsek Medan Kota," katanya mengakhiri.

(wes/tribun-medan.com)

Penulis: Joseph Wesly Ginting
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved