Ikatan Alumni Sastra Inggris USU Gelar Bakti Sosial di Kampung Badur

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat duduk sambil mengantre di bawah tenda yang telah disiapkan.

Ikatan Alumni Sastra Inggris USU Gelar Bakti Sosial di Kampung Badur
Tribun Medan/Nanda Fahriza Batubara
Warga Kampung Badur memeriksakan kesehatannya dalam rangkaian acara bakti sosial, Sabtu (1/10/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Ratusan warga Kampung Badur, Kecamatan Medan Maimun mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu (1/10/2016).

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat duduk sambil mengantre di bawah tenda yang telah disiapkan tepat di sekitar bantaran Sungai Deli.

Pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga tersebut merupakan bagian dari rangkaian bakti sosial yang digelar Ikatan Alumni Sastra Inggris (IKALSI) Universitas Sumatera Utara.

Satu di antara ratusan warga yang turut mengikuti kegiatan tersebut adalah Umi Aun. Wanita paruh baya ini hadir bersama sejumlah anggota keluarganya untuk memeriksa kesehatan.

"Kami berterima kasih, semoga ada lagi yang seperti ini untuk membantu masyarakat," ujarnya.

Ketua panitia kegiatan, Panut Hadisiswoyo, menuturkan bahwa kegiatan amal yang digelar pihaknya tidak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain pemeriksaan, pengobatan dan penyuluhan kesehatan, panitia juga turut memberikan pelatihan kerajinan tangan dan penanaman pohon di bantaran sungai.

Tak lupa, terdapat pembagian sembako kepada 165 warga serta pembagian alat mandi.

"Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai juga bagian dari kehidupan sosial yang tak boleh terpinggirkan. Kebutuhan dasar seperti kesehatan juga mesti menjadi perhatian bersama," kata Panut.

Kata Panut, panitia turut menggandeng beberapa organisasi dan komunitas lain untuk berpartisipasi pada kegiatan itu. Selain Komunitas Pecinta Anak dan Sungai Deli (Kopasude), beberapa organisasi lain seperti Heart Indo dan Orangutan Information Center (OIC) juga memberikan kontribusinya untuk menyukseskan kegiatan amal tersebut.

"Tujuan awal kita untuk mempererat silahturahmi antaralumni Sastra Inggris USU. Semoga menjadi motivasi untuk kembali menggelar kegiatan serupa di kemudian hari," kata Panut.

Di tempat yang sama, Ketua Kopasude, Adryan Dwi Pradipta, juga menuturkan hal senada dengan Panut. Kata lelaki yang akrab disapa Ryan ini, keberadaan masyarakat pinggir sungai sudah semestinya mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Meskipun tidak memiliki tempat tinggal layaknya masyarakat di tengah kota, masyarakat pinggir sungai juga tetap bagian dari kehidupan bermasyarakat.

"Kita harus ingat bahwa mereka juga masyarakat yang harus merasakan pelayanan kesehatan yang layak," ujarnya. (cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved