Ngopi Sore

Humor Gus Dur, Cafe La Habana, dan Guantanamera

Fidel Castro seolah punya nyawa sembilan. Selalu terhindar dari kematian. Sampai akhirnya kematian benar-benar datang menghampirinya.

Humor Gus Dur, Cafe La Habana, dan Guantanamera
Int
Fidel Castro 

TAHUN 2000, di Hotel Melia Havana, Kyai Haji Abdurrahman Wahid bertemu Fidel Castro.

Tidak selazimnya pertemuan dua presiden, keseriusan tak mendominasi. Sebaliknya justru diwarnai gelak- gelak tawa. Di sinilah lahir satu di antara humor Gus Dur yang jadi legendaris.

Begitulah, Gus Dur bercerita perihal tiga tahanan dalam satu sel dan ketiganya saling memberi tahu mengisahkan apa sebab mereka ditangkap.

Tahanan pertama mengatakan dia ditangkap dan dipenjarakan karena anti Che Guevara.

Tahanan kedua menyerobot dan menjawab dengan kalimat yang ketus. Ternyata, dia pengikut Che Guevara dan ditangkap dan dipenjarakan karenanya. Mereka kemudian berdebat panjang. Bahkan saking sengitnya nyaris beradu pukul.

Persis di momentum paling genting, entah bagaimana, keduanya teringat pada tahanan ketiga yang sedari tadi tidak buka suara.

Anti dan pengikut Che Guevara ini kemudian menghentikan pertengkaran mereka dan bertanya pada tahanan ketiga. "Apa yang menyebabkan Anda bisa sampai di sini?"

Tahanan ketiga tersebut menjawab: "karena saya Che Guevara."

Konon lelucon ini tidak pernah ada dalam pertemuan tersebut. Cerita yang lebih sering diedarkan kalangan wartawan Indonesia yang mendampingi Gus Dur ke Kuba waktu itu, adalah lelucon perihal "presiden gila".

Barangkali ini hanya karang-karangan para penyusun buku "Humor Gus Dur".

Halaman
123
Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved