Home »

Bisnis

» Makro

Hasil Rapim Kadin Sumut: Pemerintah Harus Permudah Izin Usaha dan Investasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin Sumut) Sumatera Utara merekomendasikan agar pemerintah mempermudah proses perizinan usaha

Hasil Rapim Kadin Sumut: Pemerintah Harus Permudah Izin Usaha dan Investasi
TRIBUN MEDAN
Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap memukul gong tanda pembukaan Rapim Kadin Sumut. Dihadiri Ketua Umum Kadin Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara, Kolonel W. Siregar (Staf Ahli Pangdam I Bukit Barisan Sumut), AKBP Togu Simanjuntak (Penyidik Madya Ditreskrimsus Polda Sumut), Hamlet Harahap (Plh Caretaker Kadin Labuhanbatu) dan Santri Azahar Sinaga (Ketua Pelaksana Rapimprov Kadin Sumatera Utara) Ade Putra P. Nasution (Ketua Penyelenggara Rapimprov Kadin Sumatera Utara) 

TRIBUN-MEDAN.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin Sumut) Sumatera Utara merekomendasikan agar pemerintah mempermudah proses perizinan usaha dan investasi agar lebih murah dan lebih singkat serta menghapus peraturan-peraturan daerah yang menimbulkan high cost economy.

Demikian hal ini disampaikan Ivan Iskandar Batubara Ketua Kadin Sumut mengutip hasil Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Sumut 2016 yang diselenggarakan 23-24 November 2016 di Rantau Prapat, Labuhanbatu.

Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Sumut 2016 mengambil tema: “Sinergitas antara KADIN & Pemerintah Dalam Peningkatan Perekonomian dan Daya Saing Daerah”. 

"Kadin mengapresiasikan penegakan hukum yang mendukung terselenggaranya iklim usaha yang kondusif seperti tindakan tegas kepada para pelaku pungutan liar, membasmi premanisme yang mengganggu dunia usaha," kata Ivan Iskandar Batubara yang disampaikan melalui keterangan persnya, Rabu (30/11/2016).

Namun katanya, untuk menghapus Perda yang menimbulkan biaya ekonomi tinggi, harus tetap memenuhi koridor hukum yang berlaku guna peningkatan efisiensi dan kepastian hukum.

Dalam rapat tersebut merekomendasikan pokok-pokok pikiran yang diharapkan dapat mensinergikan antara kebijakan pemerintah dan dukungannya akan kemajuan dunia usaha sehingga terjadi percepatan pembangunan daerah di Sumatera Utara yang berdaya saing.

Peserta Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Sumut di Rantau
Peserta Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Sumut di Rantau Prapat, Labuhanbatu

Menurut Ivan, melalui hasil rekomendasi tersebut Kadin akan berupaya memaksimalkan peran serta pengusaha agar menjadi lokomotif di dalam meningkatkan penguatan industri dan perdagangan di dalam negeri, serta upaya peningkatan pembangunan ekonomi daerah.

Berikut adalah isi rekomendasi Rapim Provinsi Kadin Sumut.

1. Pemerintah mempermudah proses perizinan usaha dan investasi agar lebih murah dan lebih singkat, menghapus peraturan – peraturan daerah yang menimbulkan high cost economy, namun tetap memenuhi koridor hukum yang berlaku guna peningkatan efisiensi dan kepastian hukum.

2.  Kadin mengapresiasikan penegakan hukum yang mendukung terselenggaranya iklim usaha yang kondusif seperti tindakan tegas kepada para pelaku pungutan liar, membasmi premanisme yang mengganggu dunia usaha.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help