TribunMedan/

Ada Teman yang Sedang Depresi? Lakukan Ini untuknya

Namun, sebagai teman yang baik, tentunya Anda ingin selalu ada untuk sahabat, bahkan pada saat terburuk sekalipun.

Ada Teman yang Sedang Depresi? Lakukan Ini untuknya
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com -- Memiliki teman yang mengalami masa sulit dalam hidupnya bukanlah hal yang mudah. Namun, sebagai teman yang baik, tentunya Anda ingin selalu ada untuk sahabat, bahkan pada saat terburuk sekalipun.

Ingat, jika sahabat yang depresi melakukan hal yang tidak Anda suka, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh mood-nya yang tak menentu. Depresi menyerang kemampuannya untuk merasakan, berpikir dan beraktivitas, bahkan untuk bekerja, tidur, dan makan.

Baca: Nyatakan Cinta, Hati-hati Saat Anda Menolak. Salah Ucap Akibatnya Depresi

Simak beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk membantu sahabat melalui masa tersulitnya.

Mendengarkan

Biasanya, saat sahabat sedang mengalami sebuah kesulitan, yang biasa kita lakukan adalah memberinya beberapa petuah atau nasihat untuk melewati keadaan ini.

Namun, sebenarnya yang sebaiknya kita lakukan hanyalah mendengarkan. Seorang psikolog Deborah Serani, PsyD, mengatakan, mendengarkan dengan baik bisa membantu sahabat mencurahkan isi hatinya dan dapat membantunya meringankan beban pikirannya.

Selalu berhubungan dan menanyakan keadaan sahabat Anda

Tidak perlu banyak cara untuk membuat sahabat yang sedang berjuang mengetahui keberadaan Anda. Dengan memberikan sebuah perhatian kecil, mereka tidak akan merasa terisolasi.

"Sebuah catatan tulisan tangan atau sebuah kartu dapat mencerahkan hari orang yang depresi," kata Dr Serani. SMS sederhana seperti, "Semangat untuk hari ini," terutama jika dia sedang menangani sesuatu di luar zona kenyamanan dapat memberinya dorongan.

Sebuah panggilan telepon, kunjungan, atau mengantar makan juga bisa menunjukkan bahwa Anda mendukung kesembuhan sahabat Anda

Baca: Wanita Cantik Senang Bersahabat dengan Pria Gay?

Merasa bangga pada apa yang telah mereka capai, bahkan hal kecil sekalipun

Kalau sahabat belum siap bertemu banyak orang atau melakukan aktivitas di luar rumah, coba biarkan dia fokus pada hal yang sederhana dan semangati ketika sahabat berhasil melakukannya.

“Salah satu cara membantu sahabat yang depresi bisa dimulai dengan melakukan hal yang umum, seperti berpakaian atau bahkan bisa berdiri sendiri dari tempat tidur. Hal-hal ini bisa menjadi keberhasilan di hari itu,” ujar Dr Serani.

Berita ini sudah terbit di Kompas.com dengan judul: 3 Cara Menolong Teman yang Sedang Depresi

Editor: Muhammad Tazli
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help