Lipsus

Rapat Kerja DPRD Teramat Perlu tetapi Tidak Mesti Menghabiskan Rp 2,9 Miliar

"Jadi hotel yang dibooking untuk anggota dewan, namun keluarganya dibawa ikut serta menginap (di kamar hotel yang sama), itu tidak sesuai peruntukkan,

Rapat Kerja DPRD Teramat Perlu tetapi Tidak Mesti Menghabiskan Rp 2,9 Miliar
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Sejumlah anggota DPRD Sumut dan keluarga berjoget bersama mengikuti alunan musik sebelum melakukan rapat kerja (raker) di Resort The Hill, Sibolangit, Sumatera Utara, Senin (5/12). Raker DPRD Sumut yang berlangsung selama tiga hari tersebut, dalam rangka penyusunan program kerja tahun 2017. Kegiatan tersebut diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp2,9 miliar. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda Fahriza Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengamat Sosial dan Politik dari Universitas Sumatera Utara Agus Suriadi mengatakan, penyelenggaraan rapat kerja DPRD Sumut merupakan kegiatan yang perlu dilakukan untuk menyusun program pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Meski demikian, tempat penyelenggaraan rapat tidak harus di hotel berbintang lima dengan pagu anggaran Rp.2,9 miliar. Sebab, kondisi perekonomian dan keuangan daerah yang belum stabil.

Baca: Ini Fasilitas Mewah Hotel yang Dihuni Anggota DPRD saat Gelar Rapat Kerja

Semestinya, kata Agus, miliaran pagu anggaran yang dipatokkan untuk menggelar rapat tersebut justru lebih efektif dan bermanfaat bila dialokasikan untuk program lain yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan publik.

"Pertanyaannya kenapa anggarannya mesti segitu?," ujar Agus ketika dihubungi, Jumat (9/12/2016).

Menurut Agus, hal terpenting dari suatu rapat kerja adalah program yang dihasilkan. Sedangkan menurutnya, pemilihan lokasi rapat di hotel berbintang lima belum tentu memberikan hasil yang memuaskan bagi kepentingan publik.

Di sisi sosial, Agus mengatakan bahwa publik kini justru telah jenuh dengan tingkah laku kalangan anggota dewan dan cenderung tidak lagi ambil pusing terkait hal tersebut. Menurutnya, hanya segilintir kalangan yang sampai kini masih mau mengkritik tingkah laku tersebut.

Agus berharap program kerja yang dihasilkan dari rapat tersebut mampu terealisasi dengan baik sehingga anggaran yang telah dipakai tidak terbuang sia-sia.

Agus juga berharap kalangan anggota dewan lebih peka terhadap keadaan sosial masyarakat di Sumut. Sehingga pada masa mendatang hal serupa tidak terulang kembali.

Sekretariat DPRD Sumut mematok pagu anggaran senilai Rp.2,9 miliar lebih untuk menggelar Rapat Kerja DPRD Sumut Tahun Anggaran 2017. Meski anggaran yang disediakan mencapai miliaran rupiah, semua pengadaan yang menyangkut penyelenggaraan rapat ini tidak melalui proses lelang atau tender. Rapat ini digelar selama tiga hari, mulai Minggu (4/12/2016) hingga Selasa (6/12/2016) lalu. Pada rapat kerja kali ini, kalangan DPRD Sumut memilih The Hill Hotel Resort sebagai lokasi rapat.

Halaman
1234
Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Randy P.F Hutagaol
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved