TribunMedan/
Home »

Sumut

Mahapala UMSU Budidayakan Terumbu Karang

Pembudidayaan tergolong sederhana. Mereka melakukannya dengan memotong cabang terumbu karang dan mengembangkannya di media yang baru.

Mahapala UMSU Budidayakan Terumbu Karang
Ist
Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan transplantasi terumbu karang, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Sejak 2014, Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) fokus menyoroti permasalahan terumbu karang yang ada di perairan laut Sumatera Utara.

Anggota Mahapala UMSU, Nuraisyah Pohan menyebutkan, proses pertumbuhan terumbu karang tidak merata di berbagai daerah. Seperti halnya di perairan Pulau Salah Nama, Kabupaten Batubara.

Karena itu, katanya, Mapala UMSU pun turut membudidayakan terumbu karang.

Nuraisyah mengatakan, pembudidayaan tergolong sederhana. Mereka melakukannya dengan memotong cabang terumbu karang dan mengembangkannya di media yang baru.

"Beberapa tahun ini, kami (Mapala UMSU) cukup intens memperhatikan terumbu karang. Kami juga turut membudidayakan terumbu karang. Kami ambil bibit dari tempat yang telah banyak ditumbuhi terumbu karang, lalu kami kembangkan dan tanam kembali ke tempat yang masih jarang terlihat terumbu karang. Ini biar merata di perairan kita," sebut Nuraisyah saat dihubungi, Selasa (13/12/2016).

Nuraisyah menjelaskan, dengan meratanya pertumbuhan terumbu karang maka akan menjaga keseimbangan ekositem laut.

"Sekarang terumbu karang kita dibeberapa titik sudah lebih baik. Selain ekosistem laut, ini juga positif untuk perkembangan pariwisata kita," sambungnya.

Tak berhenti di proses transplantasi, ,mereka juga akan menggelar Gelar Aksi Mapala (GAM) yang bertajuk dari Laut untuk Kelestarian Alam pada 14-19 Desember 2016.

Pada GAM kali ini Mapala USU menyelenggarakan Seminar Nasional membahas Konservasi Terumbu Karang, sertifikasi scuba diving A1 dan A2 dan juga transplantasi terumbu karang(cr2/tribun-medan.com)

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help