TribunMedan/

Ngopi Sore

Pak Habib Tak Bisa Ngetweet Lagi

Ketiga akun yang diblokir memiliki banyak pengikut. Ribuan pengikut. Terutama akun @syihabrizieq milik Habib Rizieq Shihab.

Pak Habib Tak Bisa Ngetweet Lagi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
HABIB Rizieq Shihab menyapa ribuan anggota FPI diiringi salawat seusai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Jl Soekarno Hatta, Bandung, Kamis (12/1/2017). 

SATU kabar mengejutkan melesat pada Selasa (17 Januari 2017) pagi. Di tanggal yang cantik ini, 17 1 17, tiga akun Twitter milik FPI: dua akun organisasi (@DPP_FPI dan @HumasFPI) dan satu akun pribadi milik imam besar mereka, Habib Rizieq Shihab (@syihabrizieq), diblokir.

Sebenarnya pemblokiran (secara resmi) ini dilakukan Twitter pada 16 Januari 2017 siang menjelang petang. Namun kehebohan memang baru benar-benar meledak di media sosial sejak Selasa pagi. Pelecutnya adalah kiriman dari akun FPI di Facebook.

Pada kiriman ini dipaparkan bahwa telah terjadi suspend blocked terhadap tiga akun yang berkaitpaut erat dengan FPI di Twitter. Berikut tangkapan gambar (capture) dari akun-akun tersebut.

Lalu apa yang membuat kabar ini melecutkan kehebohan? Tiada lain adalah pertanyaan di penghujung kabar. Akun ini melempar kalimat tanya: "kenapa rezim panik sekali?"

Tentu tidak perlu telaah yang dalam untuk mengetahui rezim mana yang dimaksud. Dan sudah barang tentu juga tak harus menjadi ahli (termasuk ahli nujum), untuk memahami siapa yang menjadi sasaran tembak lebih lanjut. Saya tahu dan Anda sekalian barangkali juga tahu dan hal ini tidak usah dibahas berpanjang-panjang lantaran tak ada gunanya.

Anggap saja pertanyaan itu merupakan pengejawantahan dari ketidaktahuan pelaksana operasi akun Facebook FPI perihal mekanisme blokir media sosial. Toh, pascamelakukan pemblokiran pihak Twitter sudah memberikan penjelasan panjang lebar dan dilansir banyak media juga.

twitter
twitter

Lebih menarik untuk dicermati adalah efek dari pemblokiran bagi FPI dan khususnya bagi Habib Rizieq Shihab. FPI, kita tahu, selama ini aktif dan gencar memberitahukan dan menyosialisasikan aktivitas-aktivitas atau pendapat atau pemikiran-pemikiran mereka melalui Twitter, web social networking berbasis microblogging bikinan kwartet Jack Dorsey, Noah Glass, Biz Stone, dan Evan Williams.

Ketiga akun yang diblokir memiliki banyak pengikut. Ribuan pengikut. Terutama akun @syihabrizieq milik Habib Rizieq Shihab yang angka pengikutnya sudah mencapai enam digit.

Lantas bagaimana setelah akunnya diblokir? Bagaimana setelah Pak Habib tak bisa ngetweet lagi? Munarman, Juru bicara FPI, memberikan jawaban yang terkesan cuek: biarin aja. Namun benarkah begitu? Benarkah pemblokiran disambut masa bodoh?

Sejumlah wartawan mewawancarai Munarman, Senin petang, usai massa FPI menggelar aksi unjuk rasa di Markas Besar Polri menuntut Kepala Polda Jawa Barat mundur dari jabatannya. Petang itu Munarman tak acuh, akan tetapi esoknya FPI lewat akun mereka di Facebook mengemukakan pertanyaan yang sedikit banyak menyiratkan nada gugatan.

Halaman
12
Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: T. Agus Khaidir
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help