Travel

Tugu Becak Jadi Ikon Baru Kota Siantar

Tugu Becak Siantar baru diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi pada 15 Oktober 2016.

Tugu Becak Jadi Ikon Baru Kota Siantar
Tribun Medan/Silfa
Tugu Becak Siantar 

Laporan wartawan Tribun Medan/Silfa Humairah

TRIBUN,MEDAN.COM, MEDAN - Tugu Becak Siantar baru diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi pada 15 Oktober 2016.

Kini tugu yang berada di Jalan Merdeka Kota Pematangsiantar menjadi ikon baru.

Pengunjung dari luar Siantar pun dibuat penasaran. Banyak yang datang untuk sekadar berfoto atau melihat langsung replika Becak Siantar yang terkenal dengan sepeda motor Birmingham Small Army (BSA).

Sepeda motor yang satu ini ibarat satwa langka, perlu dilestarikan. Becak bermesin sepeda motor Birmingham Small Army (BSA) terancam punah, jumlahnya di dunia tak banyak. Beruntung, Di Siantar, jumlahnya masih cukup banyak, dan dipakai untuk angkutan sehingga anda masih bisa melihatnya berkeliaran di Pematangsiantar.

Baca: Mau Traveling ala Ibu Milenial? Ini Tipsnya

Remi, tukang Becak Siantar yang mangkal di sekitar Tugu Becak Siantar, menuturkan sudah menghabiskan 16 tahun mencari penumpang Becak Siantar sebagai profesi. Walaupun angkutan umum cukup banyak, tapi wisatasan dari luar Siantar tentu penasaran dengan Becak Siantar dan banyak memilih keliling Siantar naik Becak Siantar.

"Sebagian besar pemilik sepeda motor BSA mengkomersilkan BSAnya dengan merombak menjadi becak pengangkut orang. Hanya sebagian kecil yang dikoleksi para kolektor," katanya.

Baca: Gratis Travel Case untuk 150 Pembeli di Texas Chicken

BSA adalah sepedamotor pabrikan Inggris yang diciptakan untuk kendaraan perang. BSA masuk ke Siantar pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara sekutu (Belanda-Inggris). BSA kemudian menyebar di setiap daerah jajahan Belanda termasuk ke Siantar, tambah Remi.

(sil/tribun-medan.com)

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help