Obesitas Lebih Beresiko Mengalami Gagal Ginjal

"Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab gagal ginjal. Maka kita tekankan kepada warga agar menjaga pola makan dan olahraga secara teratur,"

Obesitas Lebih Beresiko Mengalami Gagal Ginjal
Tribun Medan / Mustaqim
Relawan RS Rasyida kampanyekan hari ginjal sedunia kepada pengendara, Kamis (9/3/2017) di persimpangan Siti Hajar Medan. (Tribun Medan / Mustaqim) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kelebihan berat badan atau obesitas lebih berisiko mengidap penyakit gagal ginjal.

Hal itu disampaikan Koordinator Relawan Rumah Sakit Khusus Ginjal Rasyida Medan, Asrun Alkhair Lubis saat melakukan kampanye peringatan hari ginjal sedunia kepada masyarakat, Kamis (9/3/2017).

"Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab gagal ginjal. Maka kita tekankan kepada warga agar menjaga pola makan dan olahraga secara teratur," katanya.

Baca: TNI AL Dituding Rampas Lahan Warga

Obesitas menyebabkan ginjl lebih banyak menyaring darah yang artinya membuat ginjaal lebih berat bekerja. Sehingga resiko pemilik tubuh obesitas mengidap gagal ginjal lebih besar.

Kampanye dengan turun ke jalan itu bertujuan agar masyarakat sadar untuk menjaga kesehatan ginjalnya. Dengan menjaga pola hidup sehat maka dipastikan terhindar dari dapat buruk tubuh lainnya pasti

"Masyarakat jangan pernah mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter yang bila diabaikan bisa berdampak buruk pada ginjal kita," jelasnya.

Baca: VIDEO: Kondisi Terkini Jupe Makin Buruk, Merasa Kesakitan Ia Langsung Berteriak: Aduh

Sementara itu, kegiatan kampanye turun ke jalan untuk mensosialisikan cara menjaga ginjal dengan membagikan brosur kepada pengendara dilakukan di 10 titik di Kota Medan. Diantaranya, persimpangan Siti Hajar, Simpang Pos, Persimpangan Gajah Mada, Amplas dan lainnya.

(cr8/ tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help