Heboh Medsos

Bahaya #SkipChallenge Rupanya Bukan hanya Pingsan Tapi Mematikan Remaja, Jangan Tiru

#SkipChallenge untuk membuat seseorang kekurangan oksigen sehingga mencapai "high", sampai kehilangan kesadaran atau pingsan.

Bahaya #SkipChallenge Rupanya Bukan hanya Pingsan Tapi Mematikan Remaja, Jangan Tiru
Instagram/SkipChallenge
#SkipChallenge atau Skip Chalange, yaitu tantangan dengan cara menekan dada selama mungkin yang membuat peserta sampai mengalami pingsan. Video yang berisi tantangan ini sedang beredar di Instagram dan juga di Youtube, aksi seperti ini berbahaya dan tak boleh ditiru. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Kalangan remaja kini dihebohkan adanya tantangan atau challenge model terbaru #SkipChallenge atau biasa juga ditulis skip challange, atau di Amerika Serikat disebut #PassoutChallenge. Sekilas terasa mengesankan, tetapi rupanya sangat membahayakan.

#SkipChallenge dilakukan beberapa orang dengan cara menekan sekeras-sekerasnya dada kawannya selama beberapa waktu. Tujuannya untuk membuat seseorang kekurangan oksigen sehingga mencapai "high", sampai kehilangan kesadaran atau pingsan.

Para remaja banyak ikut-ikutan melakukan #SkipChallenge ini karena dianggap sebagai pengalaman yang menegangkan dan menyenangkan. Mereka kemudian membagikan rekaman #SkipChallenge di media sosial agar menjadi viral.

#SkipChalenge
#SkipChallenge (instagram)

Baca: Bahaya! 7 Kebiasaan Sehari-Hari Ini Bisa Rusak Kesehatan, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Baca: Takut Kena Serangan Jantung, Mantan Bintang Film Panas Ini Ceraikan Suaminya yang Udah Uzur 

Baca: Fakta Mengejutkan Remaja Mesum di Kamar Pas dari Identitas Pelaku hingga Bukan Aksi Pertama 

Faktanya, sebagaimana dikutip Tribun-Medan.com dari KOMPAS.com permainan skip challange sangat berbahaya. Dampaknya, dapat menyebabkan seseorang yang dadanya ditekan keras-keras berujung tidak sadarkan diri, pingsan, hipoksia (otak kekurangan oksigen), kejang, kerusakan otak, bahkan kematian.

"Saat melakukan passout challenge  (atau skip challenge) mereka meniru kondisi kekurangan napas. Mereka menghentikan otot dada bergerak, sehingga tidak ada oksigen ke otak. Otak kemudian kekurangan oksigen dan seseorang akan kehilangan kesadaran," kata Dr Nick Flynn, dokter dari Union Quay, Medical Centre, Cork, mengomentari fenomena #PassoutChallenge atau #SkipChallenge.

Ia menjelaskan, yang terjadi pada otak saat #SkipChallenge sebenarnya mirip dengan seseorang yang sedang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung.

Baca: Alamak, Enam Kali, Remaja Ini Berbuat Asusila di Masjid

Halaman
12
Editor: Domuara D Ambarita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help