Home »

Cetak

PRSU

Gemulainya Para Pelajar Humbang Hasundutan saat Mementaskan Tortor

Tortor pangurason atau tortor pembersih yang dipagelarkan pelajar asal Humbang Hasundutan (Humbahas) tersebut merupakan tarian awal dibukanya PRSU

Gemulainya Para Pelajar Humbang Hasundutan saat Mementaskan Tortor
tribun medan/IST
Sejumlah penari dari komunitas sanggar seni Pemkab di Humbahas membawakan tarian tortor pangurason dalam pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 di Tapian Daya Medan,Sumatera Utara, Sabtu (17/3/2017). Tortor pangurason atau tortor pembersih yang dibawakan pelajar asal Humbang Hasundutan ini merupakan tarian awal pada acara pembukan PRSU. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Dengan gemulai para pelajar yang menggunakan balutan ulos sebagai busana mengerak tubuh secara berirama mengikuti alunan musik sebagai penuntun tortor pangurason.

Tortor pangurason atau tortor pembersih yang dipagelarkan pelajar asal Humbang Hasundutan (Humbahas) tersebut merupakan tarian awal pada acara pembukan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang ke-46.

Baca: Tak Disangka Empat Cewek ABG Berwajah Imut Ini Bakal Ikut Tawuran

Baca: Perhatikan, Tingkah Sandiaga Uno di Belakang Reporter Televisi

Kabupaten Humbahas dalam acara di panggung utama PRSU menampilkan beragam kesenian lokal asal Humbahas yang menunjukkan kekayaan budaya di daerah kelahiran pahlawan nasional, Raja Sisingamangaraja ke XII tersebut.

“Kita melakukan pengenalan kekayaan daerah Humbahas. Secara khusus dari aspek budaya dan sejarah perjuangan Raja Sisingamngaraja ke XII yang merupakan pahlawan nasional. Kita berharap kesempatan ini menjadi media untuk masyarakat luas mengenal Humbahas lebih dalam,” kata Kepala Dinas Pariwisata Humbahas, Hotmaida Dina Uli Butarbutar, dalam keterangan persnya yang diterima Tribun Medan, Minggu (19/3/2017).

Tortor Pangurasan
Tortor Pangurasan (Tribun Medan/IST)

Hotmaida mengatakan, bahwa sejumlah penampilan putra putri Humbahas baik dari komunitas seni dan sekolah yang ada di Humbahas menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam pembukaan PRSU.

Mulai dari totor pangurason atau tarian pembuka acara, tarian lintas etnis sumatera utara, penampilan seruling sang guru Martogi Sitohang dan penampilan opera sejarah perjuangan yang sisutradarai budayawan batak, Thompson HS berhasil memukau ribuan pengunjung PRSU.

Hotmaida memaparkan, bahwa keberadaan Humbahas sebagai tuan rumah pembukaan PRSU dimamfaatkan sebagai peluang untuk memperkenalkan kekayaan daerah, khususnya dari aspek budaya, sejarah dari pariwisata kepada publik yang lebih luas. Serta menjadikan kegiatan tersebut sebagai salah satu bagian dari promosi.

Baca: Gol Fellaini Lingard dan Valencia Bawa Manchester United Tembus Lima Besar

Halaman
12
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help