Home »

News

» Jakarta

Pilgub Jakarta

Ramai-ramai Menolak Tamasya Al Maidah, Apakah Benar Intimidasi Pemilih Ahok-Djarot?

"Kita tak persiapkan perang. Kita gak punya senjata, tak latih seseorang untuk merusak. Kita gak punya amunisi apapun," pungkasnya.

Ramai-ramai Menolak Tamasya Al Maidah, Apakah Benar Intimidasi Pemilih Ahok-Djarot?
twitter/bbc
Netizen menyerukan penolakan Tamasya Al Maidah di medsos 

TRIBUN-MEDAN.com - Jelang Pilkada DKI Jakarta putaran kedua April mendatang, sebuah rencana gerakan bernama 'Tamasya Al Maidah' menjadi kontroversi di lini massa.

Di Twitter, misalnya, Bambang Suratno lewat akun @bamsratno13 mencuit aksi tersebut adalah "bentuk intimidasi bagi warga DKI."

Penolakan aksi Tamasya Al Maidah di twitter
Penolakan aksi Tamasya Al Maidah di twitter (twitter/bbc)

Berdasarkan poster yang telah diedarkan, aksi dengan tag-line "saatnya ummat memilih" itu mengajak warga di luar Jakarta untuk datang ke TPS-TPS saat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua 19 April mendatang. Tujuannya untuk "mengawal penegakan" surat Al-Maidah ayat 51.

Baca: Soal Pengerahan Massa Tamasya Al Maidah saat Pencoblosan 19 April Djarot Bilang Gini

Yang ingin mendaftar diminta untuk mengunduh aplikasi pada ponsel pintar melalui Google Playstore. Pada hari-H mereka diwajibkan mengenakan "kemeja putih dan songkok hitam" bagi laki-laki, memakai "gamis dan jilbab warna gelap" bagi perempuan, dan menggunakan stiker bertuliskan tag-line aksi.

Salah satu panitia Tamasya Al Maidah, Gimy, kepada BBC Indonesia menegaskan gerakan tersebut bukanlah "intimidasi."

"Siapa yang mau intimidasi? Tidak ada. Itu kan dari lawan Anies Sandi (saja) yang gerah dengan gerakan ini. Kami hanya mengawal saja."

Ketika ditanya sudah banyakkah orang yang mendaftar dan mengunduh aplikasi acara tersebut? Gimy mengklaim belum tahu.

Tolak aplikasi
Di media sosial mulai muncul suara yang mengajak agar aplikasi Tamasya Al Maidah ditutup. Misalnya akun @Iriana Pasirua yang mencuit, "Yuk... laporkan rame-rame biar ditutup aplikasinya."

Ketika BBC Indonesia melihat deskripsi aplikasi Android tersebut di Google, terlihat bahwa rating dari aplikasi Tamasya Al Maidah, tidak begitu baik. Dari 820 orang yang memberikan ulasan, nilai aplikasi itu 2,9 dari 5 atau 5,8 dari 10.

Laporan pengunduhan aplikasi Tamasya Al Maidah di Googel Play Store
Laporan pengunduhan aplikasi Tamasya Al Maidah di Googel Play Store (bbc)
Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help