Syarat Menjadi Kepling Diperdebatkan Anggota DPRD

Dalam pasal tersebut kepling bukan merupakan anggota partai politik, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan BUMN dan BUMD.

Syarat Menjadi Kepling Diperdebatkan Anggota DPRD
Tribun-Medan.com/ Hendrik Fernandes
Pembacaan Hasil Reses DPRD Medan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (6/3/2017). (Tribun-Medan.com/ Hendrik Fernandes) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pembentukan Lingkungan, Pengangkatan , dan Pemberhentian Kepala Lingkungan (Kepling) tertunda.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Medan, Hendrik Sitompul memperbincangkan syarat menjadi kepling yang diatur dalam Pasal 14 ayat 2 (poin M).

Dalam pasal tersebut kepling bukan merupakan anggota partai politik, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan BUMN dan BUMD.

Hendrik meminta adanya syarat tambahan yakni bukan anggota dan pengurus Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan.

Baca: Tahukah Anda? Program Presiden Jokowi saat Ini Lebih Mengutamakan Lulusan SMK

Baca: PT Innovam Indonesia Gelar Expo SMK 2017 di CBD Polonia

"Seorang kepling sebagai bagian dari perangkat pemerintah kelurahan haruslah independen dan steril dari berbagai kepentingan kelompok tertentu serta harus benar-benar sebagai pengayom masyarakat," kata Hendrik.

Sementara, Ketua Pansus Pembentukan Lingkungan, Pengangkatan , dan Pemberhentian Kepala lingkungan, Robby Barus menyebutkan, bahwa dalam ranperda nantinya proses masa aktif kepling akan berubah.

Tak hanya itu, kedepannya satu lingkungan wajib memiliki jumlah penduduk 150 kepala keluarga.

"Dalam ranperda itu juga akan mengatur masa bakti kepling. Dimana, kepling diangkat untuk masa bakti tiga tahun tehitung mulai tanggal ditetapkan. Jumlah penduduk juga kami atur, nantinya tak ada lingkungan yang jumlahnya besar dan jumlahnya kecil," ucap Robby mengakhiri.

Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help