Kantor Pajak Fokus pada Penindakan Bagi Wajib Pajak yang Tidak Melapor

Dijelaskannya, 31 Maret 2017, pihaknya akan fokus pada dua hal. Pertama, mereka akan komitmen untuk melaksanakan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 11 Tahun

Kantor Pajak Fokus pada Penindakan Bagi Wajib Pajak yang Tidak Melapor
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Para wajib pajak di Kota Ambon, Jumat (30/9/2016) memadati kantor Pelayanan Pratama Ambon untuk mengikuti prgram tax amnesty yang berakhir hari ini. Banyaknya warga yang datang memaksa pihak kantor terpaksa mnyediakan ruangan lainnya untuk melayani masyarakat 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Kanwil DJP Sumut I, Muhktar mengatakan, menjelang akan berakhirnya Program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) periode III pada 31 Maret 2017 mendatang. Maka bagi para Wajib Pajak (WP) yang belum mengikuti program ini akan diberi sanksi.

"Kami akan memberi sanksi kepada para Wajib Pajak yang masih menyembunyikan hartanya jika tidak mengikuti program ini," katanya Selasa (21/3/2017).

Dijelaskannya, 31 Maret 2017, pihaknya akan fokus pada dua hal. Pertama, mereka akan komitmen untuk melaksanakan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak.

Baca: Program Tax Amnesty Berhasil Dulang Rp 4,6 Triliun di Sumut

Baca: Syarat Minimal Tabungan Rp 25 Juta Tak Pernah Diterapkan di Kantor Imigrasi Khusus Medan

"Apabila ditemukan adanya data atau informasi mengenai harta yang belum atau kurang diungkapkan dalam Surat Pernyataan Harta, maka harta tersebut dianggap sebagai tambahan penghasilan yang dikenakan Pajak Penghasilan dan sanksi berupa kenaikan 200 persen. Dengan adanya keterbukaan informasi, tentunya sangat mudah bagi DJP untuk mendapatkan data perpajakan dari berbagai pihak," jelasnya.

Hal yang Kedua, lanjut Mukhtar, Kanwil DJP Sumut I berkomitmen untuk melakukan penegakan hukum secara intensif bagi WP yang tidak melaporkan harta kekayaannya.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada WP untuk segera memanfaatkan program pengampunan pajak dan menikmati fasilitas yang ada," tuturnya.

Menjelang penutupan program ini, pihak DJP Sumut I pelayanan kantor Kanwil DJP Sumut I diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB

"Bahkan pada 31 Maret kita buka hingga pukul 00.00 wib. Ini kami lakukan untuk memberikan kesempatan masyarakat memanfaatkan program ini,"pungkas Mukhtar.

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help