TribunMedan/

Citizen Reporter

Presiden Jokowi ke Tapteng, Harap Perhatian Terhadap Jalinsum Barus-Pakkat-Parlilitan-Pakpak Bharat

KUNJUNGAN kerja Presiden Jokowi ke Barus, Tapteng sangat dinanti-nanti warga. Warga berharap agar perhatian pemerintah terhadap Jalinsum....

Presiden Jokowi ke Tapteng, Harap Perhatian Terhadap Jalinsum Barus-Pakkat-Parlilitan-Pakpak Bharat
repro/ist
Jokowi ke Barus 

KUNJUNGAN kerja Presiden Joko Widodo ke Barus, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara  yang direncanakan, Jumat (24/3/2017) atau Sabtu (25/3/2017)  dalam rangka silaturahmi sekaligus paninjauan dan peresmian Titik Nol Tugu Islam Indonesia, sangat ditunggu-tunggu warga masyarakat daerah Barus.

Kota barus
ist

Anda tahu daerah Barus?

Barus adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Barus dulunya dikenal sebagai kota emporium dan pusat peradaban pada abad 1 – 17 M, dan disebut juga dengan nama lain, yaitu Fansur.

Kecamatan Barus berada di Pantai Barat Sumatera. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Andam Dewi, sebelah Selatan dengan Kecamatan Sosorgadong, sebelah Timur dengan Kecamatan Barus Utara, sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pada masa lalu yang paling dikenal adalah Kapur Barus dan rempah-rempah, merupakan salah satu komoditas perdagangan yang sangat berharga dari daerah ini dan diperdagangkan sampai ke Arab, dan Parsia.

Kapur Barus sangat harum dan menjadi bahan utama dalam pengobatan di daerah Arab dan Persia. Kehebatan kapur ini pun menjalar ke seluruh dunia dan mengakibatkan dia diburu dan mengakibatkan harganya semakin tinggi.

Eksplorasi yang berlebihan dari Kapur Barus ini mengakibatkan tidak ada lagi regenerasi dari pohon yang berusia lama ini. Saat ini sangat susah menemui pohon Kapur Barus, kalaupun ada umurnya masih belum mencapai usia untuk memproduksi bubuk yang ada di tengah batang pohon.

Barus
ist

Sebelum kemerdekaan Indonesia, wilayah Barus meliputi daerah-daerah yang berada di Kecamatan Barus, Manduamas, Sirandorung, Andam Dewi, Sosorgadong, Kecamatan Sorkam, Sorkam Barat dan Kolang yang sekarang masuk ke dalam daerah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Seterusnya Kecamatan Pakkat, Kecamatan Parlilitan, Kecamatan Tara Bintang dan Onan Ganjang yang sekarang masuk wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Halaman
1234
Editor: Abdi Tumanggor
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help