Ini Dia Ragam Sambal Khas Sunda yang Menggoda

Ada sambal pedas, sambal kecap, sambal acar, sambal dadakan di antaranya sambal combrang, sambal tarasi, sambal cibiuk, sambal bajak, sambal kacang,

Ini Dia Ragam Sambal Khas Sunda yang Menggoda
Tribun Medan
Sambal hati ayam kentang 

TRIBUN-MEDAN.com - Selama ini masakan khas Sunda lebih dikenal dominan dengan jenis lalapan atau sayuran mentah. Ternyata menunya juga memiliki ragam sambal yang menggoda dengan rasa pedas yang nikmat.

Hampir di setiap masakan sayur maupun daging olahan, menggunakan cabai sebagai bumbu. Kalau pun tidak memakai bumbu pedas, pastilah ada sambal yang dihidangkan bersama lalapan segar.

Jenis sambal yang disajikan pun beberapa jenis. Ada sambal pedas, sambal kecap, sambal acar, sambal dadakan di antaranya sambal combrang, sambal tarasi, sambal cibiuk, sambal bajak, sambal kacang, dan sambal ijo.

Baca: Citarasa Khas Sunda Bisa Diorder di Hotel Le Polonia

Baca: Aneka Menu Sunda Menjadi Buffe di Meeting Room Le Polonia Hotel

Ciri khas lain masakan Sunda yaitu kreatif memanfaatkan bahan dasar yang bagi kebanyakan orang dianggap tidak bermanfaat. Misalnya tumis genjer yang bahan dasarnya diambil dari tanaman gulma di sela tanaman padi. Atau sayur kadedemes yakni kulit singkong yang seringkali dianggap beracun.

Masih ada lagi goreng impun garing yakni ikan-ikan kecil yang hidup liar di sungai, atau tutut, hama keong yang hidup di sawah. 

Penulis: Silfa Humairah
Editor: Eti Wahyuni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help