TribunMedan/
Home »

Sport

Atmosfer Baru Velodrom Jakarta

Indonesia menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri pada 2014 setelah menyatakan tidak mampu secara finansial.

Atmosfer Baru Velodrom Jakarta
KOMPAS/PRIYOMBODO
Proyek velodrom Rawamangun, Jakarta Timur, terus dikerjakan untuk mengejar penyelenggaraan cabang olahraga balap sepeda dalam Pesta Olahraga Bangsa-bangsa di Asia (Asian Games) 2018, Minggu (9/4/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM, JAKARTA - Bulan November 2011. Waktu itu kondisi velodrom di Jakarta masih apa adanya. Namun, atlet balap sepeda Indonesia, Uyun Muzizah, berhasil merebut tiga medali emas dalam perlombaan balap sepeda disiplin trek Pesta Olahraga Bangsa-bangsa di Asia Tenggara (SEA Games) 2011.

Lagu "Indonesia Raya" yang berkumandang keras diikuti selebrasi Uyun, "sang ratu velodrom" yang naik sepeda berkeliling lintasan velodrom diselubungi bendera Merah Putih, seolah menutup mata semuanya akan situasi arena yang sebetulnya sudah tidak pas.

Ketika menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Indonesia hanya membenahi velodrom Jakarta atau stadion balap sepeda dengan membersihkan arena, mengecat ulang, dan merapikan arena. Velodrom yang terbuka itu riskan terkena dampak cuaca karena saat SEA Games digelar waktu itu, musim hujan sudah tiba. Ini luput dari perhatian panitia penyelenggara.

Benar saja. Di perlombaan nomor-nomor trek hari kedua, 20 November 2011, hujan deras mengguyur arena. Sejumlah nomor terpaksa ditunda. Yang memprihatinkan adalah atap paddock atau tempat sepeda atlet yang terletak di tengah-tengah velodrom bocor. Para atlet dan ofisial menyelamatkan sepeda mereka.

Itu adalah sepenggal kenangan dari velodrom Jakarta yang sudah cukup tua tetapi masih digunakan untuk pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Baca: Hasrat Juwita Niza Wasni di Panggung Sea Games 2017

Baca: NEWS VIDEO: Atlet Wushu Lakukan Tes Fisik untuk Persiapan PON dan SEA Games

Pada 2018, Jakarta akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Indonesia menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri pada 2014 setelah menyatakan tidak mampu secara finansial.

Situasi saat terpilih itu sama saat Indonesia terpilih sebagai tuan rumah SEA Games 2011. Arena dan stadion utama yang dimiliki sebagian besar adalah arena yang sudah berusia puluhan tahun. Salah satunya adalah velodrom yang butuh direnovasi.

Mengacu pada berita Kompas tahun 1972, velodrom Jakarta yang akan dipakai untuk lomba balap sepeda merupakan stadion balap sepeda yang dibangun November 1972. Velodrom dibangun atas prakarsa Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin untuk kepentingan PON 1973.

Halaman
123
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help