Home »

News

Tersangka Korupsi Alkes di Unud Marisi Matondang Segera Disidang

Marisi ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2014 lalu, bersama-sama dengan Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Unud Made Meregawa...

Tersangka Korupsi Alkes di Unud Marisi Matondang Segera Disidang
(KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN)
Direktur PT Mahkota Negara Marisi Matondang mengenakan rompi tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK Jakarta, Kamis (2/3/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi sudah melimpahkan berkas peerkara tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan rumah sakit khusus untuk pendidikan tahun anggaran 2009 di Universitas Udayana, Bali, Marisi Matondang ke jaksa penuntut.

"Hari ini dilakukan pelimpahan tahap dua untuk tersangka MRS (Marisi Matondang)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin (17/4/2017).

Febri menuturkan, status perkara Marisi telah berpindah dari penyidikan ke penuntutan bersama barang bukti dan berkas perkara.

Baca: BUMN Ini Siap Produksi dan Pasarkan 6 Juta Unit Cangkul

"Persidangan akan dilakukan di pengadilan Tipikor Jakarta Pusat," ucap Febri.

Sekadar mengingatkan, saat tindak pidana terjadi, Marisi merupakan Direktur PT Mahkota Negara.

Marisi ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2014 lalu, bersama-sama dengan Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Unud Made Meregawa, yang merupakan pejabat pembuat komitmen dalam proyek pengadaan alkes.

Proyek tersebut berkaitan dengan program pendidikan infeksi dan pariwisata di Universitas Udayana.

Nilai proyek pengadaan alkes ini sebesar Rp 16 miliar. Dalam kasus tersebut, diduga ada kesepakatan dan rekayasa dalam proses pengadaan.

Dengan demikian, diduga negara mengalami kerugian sekitar Rp 7 miliar.

Atas perbuatannya, Marisi disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 KUH Pidana. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help