TribunMedan/
Home »

Video

Pembunuhan Sadis

NEWS VIDEO: Kinara Bisa Sembuh Dari Trauma, Begini Caranya Menurut Psikolog Anak

Kinara adalah satu-satunya korban selamat pembunuhan satu keluarga di Mabar.

NEWS VIDEO: Kinara Bisa Sembuh Dari Trauma, Begini Caranya Menurut Psikolog Anak
Tribun Medan/Victory
Psikolog Anak dari Fakultas Psikologi USU, Amalia Meutia, M.Psi 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kinara adalah satu-satunya korban selamat pembunuhan sadi satu keluarga di Mabar. Pembunuhan tersebut telah menewaskan kedua orang tua Kinara, dua orang saudaranya dan nenek Kinara pada Minggu (9/4/2017) lalu.

Hal tersebut membuat kinara yang juga mengalami kekerasan dan membutuhkan penanganan baik secara medis maupun psikologi.

Dari sisi penanagan psikologi, Psikolog Anak Amalia Meutia, M.Psi mengatakan bahwa Kinara yang masih anak-anak membutuhkan psikoterapi seperti terapi permainan dan peragaan (play therapy) atau art terapi.

"Yang terjadi pada Kinara dia tidak hanya mengalami trauma fisik tapi juga mengalami trauma psikologis. Dari aspek psikologisnya ini sebaiknya ia diberikan psikoterapi karena dia masih anak-anak, jadi pada Kinara kita bisa melakukan play terapi atau art terapi dan juga relaksasi," ujar Amalia kepada Tribun-medan.com pada Rabu, (19/04/2017) di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Baca: Diberi Hadiah Boneka dan Tas Sekolah oleh Wali Kota, Kinara Tiba-tiba Mau Bicara

Baca: Pascaoperasi, Selanjutnya Kinara Mendapatkan Perawatan di Rumah Sakit Ini

Ia menerangkan bahwa seluruh terapi ini bisa dikombinasikan dengan terapi kognitif. Karena anak seumur Kinara ini masih memiliki kemungkinan yang salah untuk mempersepsikan kejadian yang terjadi padanya.

"Apalagi kondisi Kinara sebatangkara, jadi perlu adanya pemikiran-pemikiran positif merekonstruksi pemikiran dia yang salah agar membantu dia untuk bangkit ke depannya. Nah terapi-terapi tadi sangat baik dikombinasikan dengan terapi-terapi kognitif," terangnya.

Selain itu, tujuan dari psikotetapi adalah untuk me-recovery ia secara psikis dan untuk membantu Kinara menjalani kehidupannya ke depannya agar efek traumanya tidak jangka panjang.

Amelia menambahkan satu hal yang tak kalah penting selain seluruh terapi tersebut adalah dukungan dari keluarga inti untuk melindungi kinara dari lingkungan yang mungkin masih menyinggung permasalahan ini kedepannya

"Satu hal lain yang tak kalah penting dibutuhkan Kinara adalah spesial support. Dalam hal ini keluarga dekat bisa memberikan perhatian ekstra dan menjaga Kinara dari efek lingkungan yang tidak tepat dihadapi Kinara contohnya mungkin ada tetangga yang mungkin masih menyinggung permasalahan pembunuhan ini sehingga keluarga dekat ini bisa membentengi Kinara," tutupnya.(*)

SAKSIKAN VIDEONYA:

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help