TribunMedan/

Kasus Ahok

Ahok Bisa Bebas, Tuntutan Jaksa Hukuman 1 Tahun Penjara, Masa Percobaan 2 Tahun

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dituntut bersalah hukuman penjara setahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Ahok Bisa Bebas, Tuntutan Jaksa Hukuman 1 Tahun Penjara, Masa Percobaan 2 Tahun
TRIBUNNEWS.COM/Republika/Raisan Al
Sidang Tuntutan Ahok Ditunda Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama berjalan memasuki ruangan untuk menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan di ruang auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (11/4). Sidang tersebut ditunda hingga 20 April mendatang karena Jaksa belum selesai mengetik tuntutan. TRIBUNNEWS.COM/Republika/Raisan Al Farisi/POOL 

TRIBUN-MEDAN.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) sidang kasus dugaan penodaan agama menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dituntut bersalah hukuman penjara setahun dengan masa percobaan 2 tahun.

Tuntutan dibacakan dalam sidang ke-20 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Baca: Dokter Terkejut Belut Masuk dan Berenang Dalam Perut Pria Ini, Alasannya Sungguh Mengejutkan

Baca: Sutiyoso Skakmat DP 0 Rupiah, Bilang Program Anies-Sandi Nggak Mendidik

Baca: Pesan Tragis Rolika ke Orangtua Sebelum Bunuh Diri: Minta Maaf, Saya Tak Sanggup Lagi

"Perbuatan saudara secara sah dan meyakinkan telah memenuhi unsur 156 KUHP, oleh karena itu terdakwa harus dijatuhi pidana 1 tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun," kata JPU Ali Mukartono di hadapan majelis hakim, Kamis siang.

Tuntutan yang dilayangkan jaksa artinya hanya dihukum masa percobaan dua tahun, jika dia mengulangi perbuatan yang sama, maka dia akan menjalani hukuman penjara selama setahun.

Berdasarkan hal tersebut, tuntutan ini membuat Ahok bebas tanpa harus menjalani hukuman kurungan badan.

Demikian disampaikan seorang pakar hukum, Asep Iwan Iriawan dalam dialognya bersama KompasTV yang ditayangkan secara live.

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (31/1/2017). Sidang kedelapan tersebut masih mengagendakan mendengarkan keterangan lima saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum.
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (31/1/2017). Sidang kedelapan tersebut masih mengagendakan mendengarkan keterangan lima saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum. (POOL / SINDO / ISRA TRIANSYAH)

"Tuntutan ini bisa membuat dia bebas, dengan hukuman percobaan dua tahun. Baru jika mengulangi perbuatan yang sama, maka dia dihukum penjara satu tahun," katanya.

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help