TribunMedan/

Sidang Ahok

Ahok Dituntut Hukuman 1 Tahun Penjara dengan Masa Percobaan 2 Tahun, Ini Reaksi FPI dan FUI Sumut

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terdakwa penistaan agama dituntut satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

Ahok Dituntut Hukuman 1 Tahun Penjara dengan Masa Percobaan 2 Tahun, Ini Reaksi FPI dan FUI Sumut
Tribunnews/EPA/Bagus Indahono/Pool
Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersiap menjalani sidang kasus penodaan agama yang melibatkan dirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang menggunakan bekas gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016). Sidang kali ini merupakan sidang Ahok yang ketiga dengan agenda putusan sela hakim. (Tribunnews/EPA/Bagus Indahono/Pool) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN -  Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terdakwa penistaan agama dituntut satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Menyikapi tuntutan ini, sejumlah ormas Islam marah dan kecewa.

"Secara pribadi, tentu sangat marah. Kami menilai, tuntutan yang diberikan oleh jaksa terlalu ringan," kata Ketua Front Pembela Islam (FPI) Sumatera Utara, Habib Hud, Kamis (20/4/2017).

Habib mengatakan, tuntutan yang diberikan jaksa tidak mencerminkan rasa keadilan. Sebab, bisa saja tindakan serupa terulang kembali dan dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca: Ini Alasan Jaksa Tuntut Ahok Hukuman Percobaan, ternyata Karena Video yang Diunggah Buni Yani

Baca: Sidang Ahok Selesai, Ini Tuntutan Hukuman dari Jaksa Penuntut Umum

Baca: JPU Tuntut Ahok Hukuman Percobaan 2 Tahun Begini Orasi Amien Rais

"Sepanjang kasus penistaan agama, belum pernah ada tuntutan begini. Rata-rata, pelakunya itu dipenjara," ungkap Habib.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Umat Islam (FUI) Sumatera Utara, Ustaz Indra Suheri. Kata Indra, ia sangat kecewa dengan tuntutan jaksa.

"FUI menilai, tuntutan yang diberikan jaksa ini bernuansa politis. Kami khawatir, jika Ahok tidak ditahan, maka akan muncul penista-penista agama lainnya," ungkap Indra.(*)

Penulis: Array A Argus
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help