TribunMedan/
Home »

Sumut

Ratusan Warga Binaan LP Pematangsiantar Ikut Khatam Alquran

Ratusan narapidana dan tahanan yang merupakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan secara serentak melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Ratusan Warga Binaan LP Pematangsiantar Ikut Khatam Alquran
Tribun Medan/Dedy
Warga Binaan Pemasyarakatan menggelar Khataman Al Quran dalam rangka HUT ke-53 Lapas di Masjid At-Taubah Lapas Klas IIA Pematangsiantar, Kamis (20/4/2017) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Ratusan narapidana dan tahanan yang merupakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan secara serentak melantunkan ayat-ayat suci Alquran di Masjid At-Taubah, Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar, Kamis (20/4)

Dimulai dari pukul 08.30 WIB, sebanyak 135 warga binaan membaca Alquran mulai Juz Pertama Surat Albaqarah (Sapi Bentina) hingga Khatam dengan Surat Penutup An-nas (Manusia).

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klas II Pematangsiantar, Batara Hutasoit, mengatakan, gelaran ini dalam rangka syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-53 tanggal 23 April. 

"Ini merupakan rangkaian acara syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53. Sejak pagi warga binaan membaca Alquran sampai khatam. Acara ini dipusatkan di rumah tahanan Cipinang dan serentak lewat teleconfrence," kata Batara Hutasoit.

Pantauan Tribun, khataman selesai pukul 10.00 WIB yang ditandai ucapan syukur dan saling bersalaman. Selanjutnya semua peserta yang hadir diberi pulut khas Khataman Alquran yang menjadi budaya di beberapa kota di Indonesia. 

"Khataman ini serentak di seluruh Lapas yang ada di Indonesia, ada sekitar 340 lapas dan rutan. Ada sekitar lima ribu warga binaan dari semua Lapas yang ikut Khataman," kata Batara Hutasoit.

Irawan narapidana kasus narkotika Lembaga Pemasyaraktan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar mengaku terharu usai mengikuti acara Khatam Alquran syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53.

"Ini saya rasa sangat baik. Saya terharu melantunkan ayat-ayat Alquran. Ini acara sangat mulia," katanya.

Bersama narapidana dan tahanan lainnya. sejak pukul 08.30 WIB, Irawan melantunkan ayat-ayat suci Alquran. "Harapan saya, acara seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini sangat membantu kami beradaptasi di masyarakat," katanya.(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help