TribunMedan/

Semenanjung Korea Memanas

Korea Selatan China dan Rusia Kerahkan Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Korut

"Unit-unit militer meninggalkan pangkalan mereka untuk melakukan latihan di kawasan yang kurang familiar bagi mereka," tambah Goordev.

Korea Selatan China dan Rusia Kerahkan Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Korut
EPA/BBC
Korut unjuk kekuatan melawan kemungkinan adanya agresi negara lain, terutama yang disangka Amerika Serikat. 

TRIBUN-MEDAN.com – Korea Selatan, Jumat (21/4/2017), ketar-ketir menghadapi tetangganya, Korea Utara, yang sering berulah dan unjuk kekuatan.

Seoul mengatakan, negara dalam “keadaan siaga tinggi” menjelang peringatan penting Korut yakni hari jadi Tentara Rakyat Korea (KPA) yang jatuh pada Selasa (25/4/2017).

Menurut Reuters, Pyongyang pada peringatan hari kelahiran KPA itu mungkin akan melakukan uji coba rudal balitik dan nuklirnya.

Korsel sedang bersiaga tinggi dalam menghadapi kemungkinan itu dengan mengonsentrasikan pasukannya secara besar-besaran di sisi perbatasan dengan Korut.

Tak hanya Korea Selatan yang ketar-ketir, Rusia dikabarkan telah memindahkan peralatan tempurnya menuju ke perbatasan dengan Korea Utara di tengah kekhawatiran pecahnya perang antara negeri itu dan Amerika Serikat.

Rusia menyusul China yang dikabarkan sudah memindahkan 150.000 personel militer ke perbatasannya dengan Korea Utara.

Sementara pejabat AS mengatakan, telah ada peningkatan aktivitas yang lebih dari biasanya oleh armada pengebom China.

Hal itu menandakan kemungkinan kesiapan yang semakin tinggi oleh Beijing, sekutu utama Korut yang tertutup, meskipun pejabat AS tersebut meremekan kemungkinan itu dan mengabaikannya.

Pejabat AS dan Korsel telah mengatakan bahwa Korut boleh jadi akan melakukan uji coba nuklir keenam yang melanggar sanksi-sanksi PPB, sesuatu yang juga pernah diperingatkan AS dan China.

Korut akan memperingati HUT ke-85 pembentukan Tentara Rakyat Korea pada Selasa (25/4/2017), sebuah perayaan penting yang terjadi di akhir dari latihan militer musim dingin skala besar.

Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help