TribunMedan/

Berawal Dari Facebook, Terbentuk Komunitas Berbagi

Rani Ardila Barus merupakan mantan Humas yang kini menjadi anggota tetap Sigi Medan menceritakan, awal mula terbentuknya SIGI Medan oleh pencetus...

Berawal Dari Facebook, Terbentuk Komunitas Berbagi
Tribun Medan / Elvira
Adik asuh dari komunitas SIGI mendapat bantuan dari relawan SIGI Medan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Elvira Lieshanty Febryza

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - “Jadilah Orang Hebat Yang Bergerak Ketika Tergerak, Mari bersama, bersinergi membangun negeri, menuju Indonesia yang lebih baik”. Begitulah ungkapan dari sekelompok anak muda yang menamai diri dengan nama SIGi Medan.

Sahabat Indonesia Berbagi (SIGi) adalah sebuah gerakan independen, bebas tidak terikat oleh golongan dan organisasi mana pun. Siapapun yang punya passion dan visi yg sama untuk berbagi kemanfaatan dengan sesama, boleh bergabung.

Rani Ardila Barus merupakan mantan Humas yang kini menjadi anggota tetap Sigi Medan menceritakan, awal mula terbentuknya SIGI Medan oleh pencetus SIGI Medan, Adinda Juwita Sari yang pada awal November 2011 bertemu dengan beberapa teman baru di Bandung.

Baca: Pelatih PSMS Coba Pelajari Cara Bermain Pro Duta Lewat Rekaman Video

"Waktu itu teman-teman Bandung sudah lebih dulu mendapat ajakan dari teman-teman di Jakarta. Maka Adinda pun mulai mengajak beberapa teman di Medan untuk mau bergabung dalam gerakan ini," kata Rani, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, sejalan dengan itu, terbentuklah komunitas SIGi yang bermula dari page group di Facebook, kemudian beberapa orang yang tergabung di grup tersebut mulai merealisasikan secara nyata untuk bergerak dan mengumpulkan orang-orang yang tergerak untuk berbagi.

SIGi Medan pun secara sah terbentuk 26 Desember 2011, tepat saat mereka mengadakan nonton bareng bersama adik-adik yatim dan kurang mampu “Nobar itu digelar secara serentak di beberapa kota di Indonesia, bersama adik-adik yang dibawa dari sekitar rumah anggota masing-masing,” tambahnya.

Kita akan mendapati SIGi, tidak hanya ada di Kota Medan tapi juga beberapa kota lain di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Makasar, Pekanbaru, Mamuju dan Surabaya dan lainnya. SIGi Medan pun selalu menjaga komunikasi dengan SIGi di kota lainnya. Bahkan, saling mendukung ketika ada kegiatan berbagi.

“Visi utama SIGi ialah menjadi sebuah gerakan berbagi berbasiskan jaringan pertemanan di seluruh Indonesia yang terus berkelanjutan. Kami juga saling support kegiatan berbagi oleh SIGi di seluruh kota lainnya,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help