TribunMedan/

Rumah Karya Indonesia Tampilkan Artis Karo

Menurut Lusty, apabila garam itu berkumpul menjadi sebuah tumpukan, pertanda akan ada malapetaka di desa itu.

Rumah Karya Indonesia Tampilkan Artis Karo
TRIBUN MEDAN
Satu bintang tamu, yakni Elias Purba sedang bernyanyi pada Pra Event Dokan Arts Festival di Villa Zeqita, Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (2/5) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rumah Karya Indonesia mendatangkan sejumlah seleberiti Karo seperti Averiana Br Barus, Rhytemta Art, De Tradisi, Elias Purba,Wisnu Bangun, Ardy Gurusinga, Jhon Tarigan, Widiana Zeqita karo idol dan Hana Pagit dalam acara Pra Event Dokan Arts Festival, di Villa Zeqita di Jalan Jamin Ginting, Medan.

Acara ini diniatkan untuk mensosialisasikan event Dokan Arts, yang rencananya akan diadakan pada Kamis hingga Sabtu (11-13/5), di Desa Dokan Kabupaten Karo.

Lusty Malau, seorang panitia menjelaskan, acara Dokan Arts nantinya diperuntukkan bagi kalangan anak muda agar mengetahui kembali nilai-nilai tradisi yang hampir punah.

"Acara ini bertema Tradisi Lisan. Dalam acara ini digelar seminar kebudayaan, perlombaan, seni pertunjukan dan ritual Penusur Sira," jelasnya, Selasa (2/5) malam.

Ia menjelaskan, Ritual Penusur Sira merupakan acara yang utama dalam event yang diusung Rumah Karya Indonesia ini.

Karena, ritual ini sudah tidak dilakukan hampir lima belas tahun lamanya. Sira yang artinya garam merupakan sebuah pertanda masa depan bagi masyarakat Dokan (nama sebuah desa di dekat Tiga Lingga di Kabupaten Karo) yang berada di rumah Siwaluh Jabu.

"Uniknya, garam itu seperti garam abadi, tidak pernah habis," ujarnya lagi.

Menurut Lusty, apabila garam itu berkumpul menjadi sebuah tumpukan, pertanda akan ada malapetaka di desa itu.

Sebaliknya, bila bumbu dapur tersebut bertebar kemana-mana, maka kondisi desa akan aman.

Ojax Manalu, panitia bagian perlengkapan juga menjelaskan, pra event kali ini merupakan wadah untuk menggalang dana dengan menggelar lelang lukisan Dokan Arts.

"Dengan adanya Dokan Arts ini, maka diharapkan ekonomi masyarakat akan terbantu dengan munculnya pelaku-pelaku ekonomi kreatif, " ujarnya. (Cr7/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help