Gubernur Buka Seminar Nasional Internal Audit 2017, Ini Harapannya

Erry berharap seminar itu dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi para auditor demi mewujudkan tata kelola keuangan yang baik.

Gubernur Buka Seminar Nasional Internal Audit 2017, Ini Harapannya
Tribun Medan/Nanda
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat membuka seminar nasional Internal Audit 2017 di Hotel JW Marriot Medan Selasa (9/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Nanda F Batubara

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi membuka Seminar Nasional Internal Audit 2017 di Hotel JW Marriot Medan Selasa (9/5/2017).

Erry berharap seminar itu dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi para auditor demi mewujudkan tata kelola keuangan yang baik.

"Seminar nasional ini selain diikuti seluruh provinsi di tanah air juga diikut auditor dari Timor Leste. Kita berharap ada ilmu baru di bidang internal audit sehingga ada sharing informasi antar peserta yang bisa menamah pengetahuan berdasarkan pengalaman yang ada. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Sumut dan Indonesia. Semoga bisa mewujudkan tata kelola keuangan yang baik di pemerintahan maupun swasta," ujarnya.

Pemprov Sumut mengapresiasi dan mendukung serta ingin menjadi bagian dari seluruh upaya perbaikan tata kelola pemerintahan.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkannya. Satu di antaranya dengan peningkatan kualitas internal audit.

"Semoga Seminar Nasional Internal Audit tahun 2017 ini bermanfaat meningkatkan kinerja kita semua terutama dalam meningkatkan internal audit yang profesional, berwawasan penuh, proaktif dan fokus kepada masa depan. Sehingga cita-cita kita semua mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera dapat terwujud dan semakin meningkat ke arah kemajuan yang signifikan," ujarnya.

Erry mengatakan, internal audit tidak lagi dilakukan dengan pola pemeriksaan untuk mencari kesalahan manajemen. Internal audit harus dapat berperan sebagai konsultan dan penjamin kualitas atas terlaksananya kegiatan organisasi.

Mulai dari tahapan proses perencanaan dan pelaksanaan hingga menjamin dan memastikan output dan outcome atas aktivitas kegiatan organisasi telah memberikan efek sesuai dengan tujuan organisasi.

"Sesuai dengan tema seminar hari ini, internal audit harus berwawasan penuh, yaitu memahami secara benar dan menyeluruh mengenai bagaimana seharusnya organisasi dijalankan. Internal audit harus proaktif, yaitu selalu dapat memberikan peringatan dini dan memberikan peringatan dini dan memberikan opsi-opsi penyelesaian atas permasalahan yang terjadi," ujarnya.(*)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved