Gubernur Terkesima Lihat Siswi SMA Ini Pandai Menenun Ulos

Sebab pada usianya yang masih 17 tahun, siswi tersebut sudah lihai menenun Ulos, kain tradisional kebanggaan Suku Batak.

Gubernur Terkesima Lihat Siswi SMA Ini Pandai Menenun Ulos
Tribun Medan/Nanda
Purnama Christina boru Sigiro saat menenun Ulos pada Pekan Inovasi Sumut ke-5 Tahun 2017 di Lapangan Merdeka Medan Jalan Pulau Pinang, Kamis (11/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi tampak terkesima melihat seorang siswi pada Pekan Inovasi Sumut ke-5 Tahun 2017 di Lapangan Merdeka Medan Jalan Pulau Pinang, Kamis (11/5/2017).

Sebab pada usianya yang masih 17 tahun, siswi tersebut sudah lihai menenun Ulos, kain tradisional kebanggaan Suku Batak.

Ialah Purnama Christina boru Sigiro, siswi kelas XI SMA Negeri 1 Silahi Sabungan, Silalahi. Ia mengaku sudah bisa menenun Ulos sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Baca: Tengku Erry Nuradi Buka Pekan Inovasi Sumut di Lapangan Merdeka

Baca: Pengunjung Antusias Lihat Pameran di Pekan Inovasi Sumut

Baca: Klub Mobil Jeep Willys Warnai Pekan Inovasi Sumut

"Yang mengajari dulu opung (nenek)," ujar Purnama.

Purnama mengatakan, tekadnya mempelajari tenun Ulos bukan hanya untuk mencari keuntungan materi semata. Namun, ia ingin turut ambil andil dalam upaya pelestarian budaya daerah.

Menenun Ulos sudah menjadi bagian hidup dari gadis tiga bersaudara ini. Sepulang sekolah, Purnama selalu menyempatkan diri menenun. Kegemarannya ini juga dituangkannya dengan ikut dalam kegiatan ekstrakulikuler tenun yang difasilitasi sekolahnya.

"Biar budaya kita tidak punah. Selain itu hasil penjualan Ulos ini juga bisa membantu biaya sekolah saya, karena satu orang tua saya sudah tidak ada," ujarnya.(*)

Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved