TribunMedan/
Home »

Techno

» News

Jangan Takut dengan Virus, Kalau Anda Melakukan Hal Ini

"Sebelum menyalakan komputer, cabut kabel data (LAN) yang tersambung, matikan WIFI yang dapat otomatis tersambung di sekitar komputer. Setelah..."

Jangan Takut dengan Virus, Kalau Anda Melakukan Hal Ini
HO/Kemenkominfo
Dunia dihebohkan oleh kemunculan virus internet ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5/2017). Program jahat itu telah berekspansi ke sekitar 100 negara, termasuk Indonesia. Berikut ini cara mencegahnya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengimbau masyarakat untuk meminimalisasi jumlah komputer yang dapat terinfeksi oleh Ransomware, menyusul cyber attack Ransomware WannaCry yang telah terjadi secara global dalam waktu lebih dari 48 jam terakhir ini.

Ketua Pengurus Wilayah Sumatera Utara, Bambang Heru Wijaksono mengatakan, Ransomware adalah sejenis aplikasi perangkat perusak yang dirancang serta ditanamkan secara diam-diam, dan ketika dijalankan secara jarak jauh akan menghalangi akses kepada sistem komputer atau data.

Bekerja dengan mengunci sistem dengan cara mengenkripsi file sehingga tidak dapat diakses hingga tebusan dibayar.

Adapun jenis Ransomware yang saat ini sedang mewabah adalah WannaCrypt0r 2.0 ransomware, yang memanfaatkan kelemahan security pada Sistem Operasi Microsoft, yang mana Microsoft telah menyediakan Security Update Patch untuk menanganinya pada beberapa saat yang lalu.

"Untuk menghindari serangan WannaCry ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saran yang telah disampaikan oleh lembaga. Sama saja sebenarnya sarannya dengan lembaga lain," katanya Senin (15/5/2017).

Namun bagi pengguna komputer berbasis Microsoft yang tidak yakin telah melakukan Security Update Patch MS-17-010, disarankan melakukan langkah-langkah antisipasi.

Baca: Kejari Segera Eksekusi Oknum PNS Tarukim Karena Kasus Ini

Baca: Ini Antisipasi AMCI Terhadap Serangan Virus Ransomware Jenis Wanna Cry

Wakil Ketua Umum Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI), Haslan Tambunan
Wakil Ketua Umum Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI), Haslan Tambunan (Tribun Medan / Ryan)

"Sebelum menyalakan komputer, cabut kabel data (LAN) yang tersambung, matikan WIFI yang dapat otomatis tersambung di sekitar komputer. Setelah diyakinkan aman komputer tidak dapat tersambung ke Internet, maka komputer dapat dinyalakan untuk segera melakukan backup seluruh data ke Hard Disk Portable atau USB Flash Drive," teeangnya.

Selain itu, disampaikannya, pengguna harus melakukan download security patch dari komputer berbeda yang tidak terlalu kritikal fungsinya atau melalui komputer berbasis non-microsoft.

Backup data, lanjutnya, secara aman dan flash drive ataupun hard disk portable disimpan dengan aman secara terpisah, pada komputer dapat dilakukan update melalui file yang telah diunduh pada langkah terdahulu.

"Setelah itu, silahkan melakukan aktifitas seperti biasa setelah berhasil melakukan security update yang diperlukan," jelasnya.

(raj/tribun-medan.com)

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help