TribunMedan/
Home »

Techno

» News

Panduan Lengkap Mencegah Serangan Virus Ransomware 'WannaCry'

Dunia global dihebohkan dengan kemunculan ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5/2017) pekan ini.

Panduan Lengkap Mencegah Serangan Virus Ransomware 'WannaCry'
KOMPAS IMAGES
Menkominfo Rudiantara. (KOMPAS IMAGES) 

TRIBUN-MEDAN.com - Dunia global dihebohkan dengan kemunculan ransomware berjenis WannaCry yang menyebar sejak Jumat (12/5/2017) pekan ini. Program jahat itu telah berekspansi ke sekitar 100 negara, termasuk Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lantas mengambil tindakan cepat dengan merangkul tim yang terdiri dari NGO, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII), ICT Watch, dan lembaga terkait lainnya,  untuk bersama-sama mencari solusi atas insiden yang bisa dibilang sebagai "terorisme cyber".

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan sejauh ini belum ditemukan dekripsi untuk membuka enkripsi WannaCry.

Namun, setidaknya ada langkah yang bisa dilakukan agar WannaCry tak semakin masif berseliweran, utamanya dalam menyambut hari Senin hari ini di mana perkantoran mulai beraktivitas.

Baca: Jangan Remeh, Serangan Ransomware WannaCry Bukan Virus Sembarangan

Baca: Alamak, Niatnya Mau Hapuskan Tato di Dada, Perempuan ini Justru Mengalami Hal Mengerikan

Baca: Di Kedai Ini, Presiden Jokowi Rela Makan Sambil Berdiri

"Mau tidak mau langkah ini wajib dilakukan semua orang, apalagi besok (Senin) mulai hari kerja," kata Rudiantara, Minggu (14/5/2017), di Bakoel Koffie, Jakarta.

Pertama, matikan WiFi atau cabut koneksi kabel LAN di kantor. Pasalnya WannaCry ini tersebar tak seperti ransomware lain yang butuh interaksi dengan pengguna lewat phising e-mail.

Ketika satu komputer terjangkit, maka semua komputer dalam satu jaringan LAN dan server kemungkinan besar terinfeksi pula.

Halaman
12
Editor: Randy Hutagaol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help