TribunMedan/

Alergi Pada Anak Bisa Pengaruhi Aspek Psikologis

Hal tersebut dikatakan Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani saat media gathering di Hotel JW Marriot Medan, Rabu (17/5/2017).

Alergi Pada Anak Bisa Pengaruhi Aspek Psikologis
Dailymail.co.uk
Ilustrasi Bayi 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Alergi protein susu sapi berkaitan erat dengan aspek psikologis orang tua dan anak. Alergi susu sapi tersebut dapat mempengaruhi keceriaan anak karena merasa dibatasi dalam memilih makanan dan merasa tidak sama dengan teman seusianya.

Hal tersebut dikatakan Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani saat media gathering di Hotel JW Marriot Medan, Rabu (17/5/2017).

Ia menjelaskan, orang tua merasakan dampak signifikan pada tingkat stress.

Padahal si kecil membutuhkan kesemoatan bersosialisasi untuk meningkatkan keterampilan sosialnya dan sering kali anak meminta kepada orang tua untuk diizinkan ikut berbagai aktivitas bersama teman.

Baca: NEWS VIDEO: Hindari Beri Makanan Ini pada Anak, Karena Berpotensi Sebabkan Alergi

"Ini yang membuat sebagian orangtua menjadi kewalahan dan stress," jelasnya.

Ia menerangkan, tak hanya cemas memperhatikan tumbuh kembang anak, tetapi orang tua juga menghadapi beban ekonomi seperti biaya pengobatan dan penyembuhan dalam jangka panjang alergi terhadap anak.

"Tentunya hal ini yang disebut memberikan tekanan psikologis dan mempengaruji kualitas hidup si kecil dan juga keluarga," terangnya.

Ia menuturkan, anak yang memiliki alergi protein susu sapi rentan mengalami stress dan kecemasan berlebih karena keterbatasam mereka. Apalagi susu sapi juga agak sulit dihindari karena tersaji dalam bermacam makanan dan minuman sehingga orang tua sering merada khawatir.

"Jika orang tua tidak menangani alergi susu sapi pada anak dengan tepat, maka anak bisa tumbuh menjadi anak yang kaku, cemas, dan menghindari pergaulan," tuturnya.(*)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help