TribunMedan/
Home »

Karo

Sinabung Meletus Hebat, Semburkan Material Hingga Empat Kilometer

"Angin perlahan ke arah tenggara. PVMBG masih menetapkan status Gunung Sinabung tetap Level IV atau awas. Potensi letusan susulan masih tinggi."

Sinabung Meletus Hebat, Semburkan Material Hingga Empat Kilometer
tribun medan/jefri
Gunung Sinabung meletus keluarkan semburan material vulkanik hingga empat kilometer, Sabtu (20/5/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara tetap tinggi. Gunung Sinabung kembali meletus dengan tinggi kolom abu letusan mencapai 4 kilometer, Sabtu (20/5/2017).

Baca: Memalukan Artis yang Sandang Gelar Duta Pancasila Malah Promosikan Judi

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, letusan Gunung Sinabung juga mengeluarkan amplitudo120 milimeter dan lama gempa vulkanik 343 detik pada pukul 06.46 Wib.

"Angin perlahan ke arah tenggara. PVMBG masih menetapkan status Gunung Sinabung tetap Level IV atau awas. Potensi letusan susulan masih tinggi," ujarnya lewat aplikasi WhastApp, Sabtu.

Baca: Usianya 17 Tahun, Perempuan Afrika Ini Dijadikan Budak Seks

Dia menambahkan, PVMBG merekomendasikan masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga km dari puncak.

Aktivitas masyarakat dan pengunjung juga di larang dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara - Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara - Timur G. Sinabung.

Baca: Kabar Duka, Mantan Juara MotoGP Nicky Hayden Dikabarkan Meninggal Dunia Usai Kecelakaan

Selain itu, katanya, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar.

"Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol," katanya.

Halaman
12
Penulis: Jefri Susetio
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help