TribunMedan/
Home »

Nias

Gempa dan Tsunami Menjadi Alasan Nitema Gulo Pulang ke Nias

"Saya orang kampung, niatnya mau kuliah Teknik Sipil seperti Soekarno tapi salah pilih jurusan menjadi Teknologi Hasil Pertanian."

Gempa dan Tsunami Menjadi Alasan Nitema Gulo Pulang ke Nias
Tribun Medan / Hendrik
Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulö 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Hendrik Naipospos

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Di usianya yang masih remaja, Ketua DPRD Nias Barat Nitema Gulö ternyata telah meninggalkan Nias. Ia kelahiran Zuzundrao Hoe 52 tahun silam.

Pada 1982 Nitema memilih merantau ke Deliserdang dan bersekolah di SMA Negeri 1 Lubukpakam, lokasi yang berjarak 324 KM dari kampung halamannya.

Lulus SMA ia pun tak ujuk-ujuk pulang ke Nias, berbekal sebuah program beasiswa Nitema kuliah di Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas, Medan.

"Saya orang kampung, niatnya mau kuliah Teknik Sipil seperti Soekarno tapi salah pilih jurusan menjadi Teknologi Hasil Pertanian. Tetap saya jalani, saya yakin ini jalan Tuhan," kata Nitema yang merupakan angkatan kedua Unika Santo Thomas, Medan.

Baca: Ini 10 Kampus Favorit Penerima Mahasiswa Terbanyak di SBMPTN 2017

Lulus dari Unika tak membuat ia beranjak dari kampus tersebut, Nitema langsung dinobatkan sebagai dosen pertanian.

Tak berselang lama, ia pun diberangkatkan Uskup Sibolga, AB Sinaga, untuk melanjutkan pendidikannya ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Tahun 1992 saya diberangkatkan kuliah ke IPB, saya memilih Magister Teknologi Pascapanen. Lulus dari IPB pun saya kembali menjadi dosen di Unika. Profesi ini terus saya jalani hingga 2009, sekitar 20 tahun, lah," sambungnya.

Walau belum melepas jabatan sebagai dosen, ternyata sejak 2007 Nitema kerap pulang ke Nias. Ia tak sekadar mengunjungi keluarga dan melihat tanah kelahirannya pascadilanda gempa bumi dan tsunami, melainkan aktif bekerja di Badan Rehabilitasi Rekonstruksi (BRR) Nias Selatan.

Halaman
12
Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help