Tribun Ramadan

Antisipasi Bahan Pokok Naik Harga, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Operasi Pasar Murah

Kebutuhan bahan pokok yang bersubsidi dari Pemerintah berupa paket yang berisikan beras sebanyak...

Antisipasi Bahan Pokok Naik Harga, Pemkab Pakpak Bharat Gelar Operasi Pasar Murah
Tribun Medan/Abdi Tumanggor
Wakil Bupati Pakpak Bharat Ir H Maju Ilyas memberikan sembako secara simbolik kepada warga di halaman Kantor Camat Salak, Kamis (15/6/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SALAK - Antisipasi kenaikan harga bahan pokok di bulan suci ramadan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  Kabupaten Pakpak Bharat bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Salak, Kamis (15/6/2017).

Kebutuhan bahan pokok yang bersubsidi dari Pemerintah berupa paket yang berisikan beras sebanyak 2 kilogram, minyak goreng kemasan dua liter, sirup 1 botol dan gula pasir 2 kilogram.

Baca: Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerjasama dengan Banyuwangi

Pembukaan operasi pasar murah ini secara simbolis diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat Ir H Maju Ilyas Padang kepada warga perwakilan dari Kecamatan Salak, Pergetteng-getteng Sengkut, Sitellu Tali Urang Julu, Tinada, Siempat Rube, dan Pagindar yang dipusatkan di halaman kantor Camat Salak.

Sementara untuk Kecamatan Kerajaan dan Sitellu Tali Urang Jehe akan berpusat di Kantor Camat Sitellu Tali Urang Jehe.

Setiap paket dibandrol dengan harga 55 ribu rupiah. Harga tersebut lebih murah dari harga sewajarnya yang mencapai seratus ribuan di Pakpak Bharat.

"Karena bentuknya subsidi, warga hanya cukup menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada panitia, dan selanjutnya mereka dapat membeli paket bersubsidi tersebut," ujar Wakil Bupati, Ilyas.

Baca: Ini yang Akan Dilakukan Pakpak Bharat Menuju Sentra Pendidikan Unggul

Menurutnya, sebagaimana diketahui, selama bulan suci ramadan dan menjelang hari raya idul fitri, berbagai kebutuhan pokok masyarakat harganya cenderung naik atau mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan.

Ia berharap, meskipun jumlahnya terbatas dan tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat, namun dengan adanya pasar murah tersebut dapat meringankan beban keluarga kurang mampu.

Baca: Pakpak Bharat Raih Predikat Wajar tanpa Pengecualian, Bupati Remigo Berterima Kasih pada ASN

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM  Kabupaten Pakpak Bharat Orba Mordekhai Suntuk SH MH mengatakan, OPM ini digelar guna mengantisipasi kenaikan harga yang akan memasuki lebaran.

“Hal ini dilakukan karena menjelang lebaran yang cenderung adanya kenaikan harga bahan pokok, sehingga ini adalah upaya kita untuk menstabilkan harga,” jelasnya.

Orba juga menjelaskan sebanyak 700 an paket akan disalurkan ke 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

Baca: Wakil Bupati Pakpak Bharat, Maju Ilyas Padang Berangkatkan Tim Safari Ramadan

"Untuk mekanisme pasar murah, pihak kecamatan yang akan menyalurkan ke wilayahnya masing-masing," jelasnya.

Masyarakat terlihat sangat antusias dengan adanya OPM tersebut, demi untuk mendapatkan sembako murah.

Risdawati Tumangger, warga Salak II, mengatakan sangat terbantu dengan adanya pasar murah, karena harganya di bawah harga pasar. Dia berharap agar pemerintah sering menggelar kegiatan seperti itu.

“Kami sebagai masyarakat sangat terbantu sekali dan semoga pemerintah sering-sering mengadakan OPM,” ujarnya.(*)

(*/tribun-medan.com) 

Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved