Tribun Ramadan

Meresapi Makna Hakiki Berpuasa di Tanah Suci

Di Bulan Ramadan ini ia mengaku punya banyak waktu luang, sehingga ingin mencoba pengalaman berpuasa di Tanah Suci, Mekkah.

Meresapi Makna Hakiki Berpuasa di Tanah Suci
Tribun Medan/Silfa
Dr Hasfi Fauzan Raz 

Laporan wartawan Tribun Medan, Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN -  Kegiatan sehari-harinya adalah sebagai dokter di rumah sakit. Kini ia sedang menunggu pengumuman S-2 di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Ia adalah dr Hasfi Fauzan Raz, yang juga menjabat sebagai Pengawas Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA).

Di Bulan Ramadan ini ia mengaku punya banyak waktu luang, sehingga ingin mencoba pengalaman berpuasa di Tanah Suci, Mekkah.

Selama melaksanakan umrah bersama keluarga di Bulan Raman, ia mengaku mendapatkan ketenangan berpuasa dengan membaca Al Quran 3 juz per hari. Ia juga menyempatkan ke Madinah serta mengunjungi tempat bersejarah Rasulullah Muhammad SAW.

Baca: Murid TK YPSA Hafal Surat Al-Baqarah saat Diwisuda

Baca: Sekolah Shafiyyatul Amaliyyah Akan Gelar Quantum Ramadan

"Tahun ini berbeda, karena saya menjalankan awal puasa saat melakukan umrah di tanah suci. Saya mendapati faedah berpuasa saat berada di sana. Yakni makna hakiki manfaat berpuasa tentunya selain tentang kesehatan. Yakni hubungan dengan Allah, dengan keluarga, orang sekitar hingga sesama manusia," katanya.

Ia menceritakan bagaimana orang Arab membuka tangan selebar-lebarnya untuk menyambut orang asing berbuka dari pemberiannya.

Bagaimana orang asing lainnya mengingatkannya terhadap sesuatu hal baik lainnya. Semua orang berlomba-lomba untuk berbuat baik, hal itu sangat ia rasakan saat melakukan umroh di bulan puasa.

"Saya pun memilih untuk berhenti dari kesibukan di rumah sakit untuk fokus beribadah sambil menunggu pengumuman S2 di UI. Jadi dimanfaatkan dengan baik waktu senggang dengan ibadah, jika selama umrah saya membaca Al Quran 2-3 juz, di sini 1-2 juz beserta artinya. Salat jamaah bersama keluarga, salat di masjid dan banyak mendengarkan ceramah serta sharing agama," lanjutnya.

Ia pun menuturkan ingin menularkan kebaikan kepada siswa YPSA. Ia ikut memantau dan turut serta mendampingi siswa dalam kegiatan Quantum Leadership Ramadan yang digelar YPSA beberapa waktu lalu.(*)

Penulis:
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved