Tribun Ramadan

Dokter Ini Paparkan Alasan Berpuasa Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Otak

Berpuasa banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Selain membantu mengurangi berat badan.

Dokter Ini Paparkan Alasan Berpuasa Ternyata Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Otak
TRIBUN MEDAN
Dr. Ryki M. Sihombing, M.Ked (PD), Sp.PD di Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan memaparkan manfaat puasa dan kiat sehat di bulan Ramadan 

* Kiat Sehat di Bulan Ramadhan

TRIBUN-MEDAN.com - Berpuasa banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Selain membantu mengurangi berat badan.

"Berpuasa dapat menurunkan resiko diabetes, mengurangi stress oksidatif, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan otak," kata Dr. Ryki M. Sihombing, M.Ked (PD), Sp.PD. di Medan, Kamis (15/6/2017)

Hal ini paparkan dalam mengisi kegiatan datangnya bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya Medan mengadakan media gathering dan buka puasa bersama awak media massa di kota Medan

Menurutnya periode waktu  berpuasa berbeda di tiap negara. Waktu berpuasa dibelahan bumi utara lebih panjang dibanding dengan belahan bumi selatan.

Karenanya paparan ilmiah mengenai “Kiat Sehat di Bulan Ramadhan” dirasa perlu disampaikan kepada masyarakat agar menjalankan puasa sepanjang bulan Ramadhan semakin bermanfaat.

“Berpuasa banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Selain membantu mengurangi berat badan. Berpuasa dapat menurunkan resiko diabetes, mengurangi stress oksidatif, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan otak, “ papar Dr. Ryki M. Sihombing.

Beliau menjelaskan bahwa pada orang yang berpuasa, akan terjadi  perubahan pada fungsi sel, gen dan hormone didalam tubuh.

Perubahan tersebut yaitu : kadar insulin pada darah menurun signifikan sehingga memfasilitasi pembakaran pada lemak dan pembentukan massa otot.

Tubuh memicu proses perbaikan sel, seperti pembuangan zat racun dari sel. 

Halaman
12
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved