TribunMedan/
Home »

Cetak

Edisi Cetak Tribun Medan

Mutiara Ramadan: Gunakan Ramadan untuk Mengekspresikan Kebaikan pada Orangtua

Ada banyak alasan yang mewajibkan anak berbakti kepada kedua orangtua. Perlu dijelaskan, pesan Allah kepada manusia berkenaan dengan ibu-bapaknya iala

Mutiara Ramadan: Gunakan Ramadan untuk Mengekspresikan Kebaikan pada Orangtua
IST
DR MUTOHHARUN JINAN, Dosen Pascasarjana Unmuh Surakarta 

Mutiara Ramadan:

DR MUTOHHARUN JINAN MAG
Dosen Pascasarjana Unmuh Surakarta

Di antara ajaran universal agama dalam kehidupan keluarga adalah kewajiban berbuat baik kepada kedua orangtua dan sanak saudara. Berbakti kepada orangtua menjadi pintu bagi kebaikan-kebaikan lain.

Ada banyak alasan yang mewajibkan anak berbakti kepada kedua orangtua. Perlu dijelaskan, pesan Allah kepada manusia berkenaan dengan ibu-bapaknya ialah pada kewajibannya berbuat baik.

"Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. (QS. Al-Isra'/17: 23). Bukan pada kewajiban taat atau mentaati mereka.

Berbuat baik mencakup banyak sekali jenis tingkah laku dan sikap kepada kedua orangtua. Baik itu perkataan, perbuatan, mapun sikap mental. Sedangkan taat hanya satu dari sekian banyak bentuk kebaikan.

Baca: Mutiara Ramadan: Manusia Memiliki Hasrat untuk Maju, Namun Harus Perhatikan Peringatan dari Al Quran

Baca: Mutiara Ramadan: Kekuatan Iman Jadi Kunci Ketenangan Hidup

Baca: Mutiara Ramadan: Pamer Jasa Akan Merusak Nilai Kebaikan

Ada perbedaan antara perintah taat dan perintah berbuat baik. Ketaatan anak kepada orangtua dipenuhi sepanjang dalam koridor kebajikan. Ketaatan dapat dipenuhi hanya jika orangtua benar-benar dalam kebenaran, kebaikan, dan jelas tidak dalam kepalsuan serta kejahatan.

Halaman
12
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help