Tribun Ramadan

NEWS VIDEO: IZI Ajak Masyarakat untuk Bayar Zakat, Begini Caranya

Menurut Kepala Cabang IZI Sumut Muhammad Iqbal Farizi mengatakan IZI menerima untuk pembayaran zakat fitrah dan fidia, dan sedekah Al Quran.

NEWS VIDEO: IZI Ajak Masyarakat untuk Bayar Zakat, Begini Caranya
Dok IZI
Para relawan IZI berfoto bersama pada satu kegiatan beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang kewajibannya setara dengan salat.

Secara istilah zakat yaitu mengeluarkan sebagian harta dalam waktu tertentu (haul), dengan batas minimal nilai harta tertentu (nisab), dikeluarkan dengan tarif atau kadar tertentu (miqdar) dan diberikan kepada golongan atau sasaran tertentu (masharif).

Demi memudahkan membayar zakat, salah satu lembaga amil zakat nasional inisiatif zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sumatera Utara, dengan tagline IZI memudahkan dimudahkan, mengajak masyarakat kota Medan Sumut pada umumnya.

Menurut Kepala Cabang IZI Sumut Muhammad Iqbal Farizi mengatakan IZI menerima untuk pembayaran zakat fitrah dan fidia, dan sedekah Al Quran.

Baca: IZI Layani Pembayaran Zakat dan Sedekah via Online

Baca: Mudahkan untuk Berzakat, IZI Luncurkan Program Zakatpedia

Dengan layanan kemudahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat seperti menunaikan zakatnya di kantor IZI Jalan Setia Budi nomor 272 B, atau melalui transfer zakat via Bank Mandiri di nomor rekening 122.002.80.000.68 atas nama Yayasan IZI.

"Ada juga kemudahan melalui layanan call center bila ingin jemput zakat di 1500047 dan sms center di 0852 6464 5558. Lembaga zakat IZI lembaga yang terpercaya amanah dalam hal pengelolaan zakat, infak dan sedekah dengan izin legalitas sebagai lembaga amil zakat dari SK Kementrian Agama,"kata Iqbal, Kamis (22/6/2017).

Ramadan tahun ini sudah ada beberapa program yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti paket Ramadan dan paket berbuka bersama untuk keluarga dhuafa yang tersebar diberbagai masjid.

"Alhamdulillah sampai hari ini di hari sudah tersalurkan sebanyak 889 keluarga dhuafa yang mendapatkan manfaat dari program kami. Dan masih ada waktu kurang lebih tiga hari bagi masyarakat kota Medan pada umumnya, untuk bisa menunaikan zakat, infak dan sedekahnya ke lembaga zakat IZI untuk disalurkan kepada yang berhak,"kata Iqbal.

IZI hadir dengan gaya style yang lebih fresh dan fashionable dan muda, maka IZI menyasar segmentasi kalangan para wajib zakat disegmentasi yang muda range usia 25 hingga 40 tahun merupakan saasaran IZI dengan gaya style orang muda, tapi melek teknologi dan paham tentang kewajiban berzakat.

"Harapan kami dengan lembaga IZI mudah-mudahan angka kemiskinan di kota Medan dan Sumut pada umumnya, dan Indonesia secara keseluruhan bisa berkurang bahkan bisa hilang. Mudah-mudahan dengan potensi zakat yang begitu besar di negara kita, lebih bisa dimaksimalkan dengan kepercayaan masyarakat menyampaikan amanah zakat dan sedekahnya,"kata Iqbal.

"Kepada lembaga yang resmi, legal dan terdaftar di Kementrian Agama, dan mendapatkan rekomendasi pemerintah dalam hal ini Badan Amil Zakat, agar amanahnya tersalurkan tepat sasaran dan juga terbuka, transparan agar bisa dipertanggungjawabkan baik dunia maupun akhirat,“ tambah Iqbal.(*)

SAKSIKAN VIDEONYA:

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved