TribunMedan/

Ketepatan Jadwal Pesawat di Soekarno-Hatta Capai 93 Persen

"Dari traffic CGK (kode Bandara Soekarno-Hatta) per H-10 sampai H-3, ada sekitar 9.800 pergerakan pesawat, dengan pergerakan pesawat yang berangkat.."

Ketepatan Jadwal Pesawat di Soekarno-Hatta Capai 93 Persen
(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA )
Pemudik memadati gerbang keberangkatan Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (23/6/2017) dini hari. Puncak arus mudik via Bandara Soekarno-Hatta diprediksi jatuh pada hari ini dan Sabtu (24/6/2017) besok. 

TRIBUN-MEDAN.com - Data air traffic service di Bandara Soekarno-Hatta selama masa angkutan Lebaran 2017 kali ini menampilkan ada ratusan delay dari ribuan jadwal penerbangan semua maskapai domestik, mulai dari H-10 (15/6/2017) sampai H-3 (22/6/2017) Lebaran.

Meski ratusan pesawat mengalami delay, performa maskapai-maskapai tersebut terbilang masih baik berdasarkan catatan on time performance (OTP).

"Dari traffic CGK (kode Bandara Soekarno-Hatta) per H-10 sampai H-3, ada sekitar 9.800 pergerakan pesawat, dengan pergerakan pesawat yang berangkat kurang lebih 4.900 pesawat. Ratusan delay itu terhitung hanya tujuh persen," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis kepadaKompas.com, Jumat (23/6/2017) malam.

Baca: Syahrini Merasa Wajib Bahagiakan Orang Lain

Dari data tersebut, lanjut Awaluddin, maka OTP maskapai domestik yang berjumlah sepuluh di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 93 persen.

Maskapai yang dimaksud adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, NAM Air, Indonesia Air Asia Extra, Indonesia Air Asia, Kalstar, dan Trigana Air.

OTP digunakan sebagai indeks untuk mengukur layanan sebuah maskapai penerbangan komersil dengan menilai tingkat ketepatan waktunya.

Semakin tinggi OTP sebuah maskapai, maka tingkat ketepatan waktu, baik untuk pesawat yang berangkat maupun tiba, juga lebih baik.

Awaluddin menjelaskan, perihal OTP menjadi tanggung jawab maskapai masing-masing. Namun, pihaknya dipastikan membantu tugas tiap-tiap maskapai di bandara naungan PT AP II agar ketepatan waktu jadwal pesawat tetap terjaga. (*)

Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help