TribunMedan/

Istana Maimoon, Destinasi Murah Arsitektur Melayu Deli

"Dengan tidak mengeluarkan kocek banyak, warga dapat menikmati liburan dengan nuansa melayu deli. Makanya, kami pun memilih untuk berlibur di sini,"

Istana Maimoon, Destinasi Murah Arsitektur Melayu Deli
Tribun Medan / Ryan
Pascalebaran, Istana Maimoon tampak ramai dikunjungi wisatawan, Kamis (29/6/2017). (Tribun Medan / Ryan) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Ryan Achdiral Juskal

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Istana Maimoon menjadi destinasi wisata murah dengan arsitektur melayu deli. Pascalebaran, Istana Maimoon tampak ramai dikunjungi wisatawan, Kamis (29/6/2017).

Pada H+5 lebaran, ratusan warga menghabiskan waktu berlibur bersama sanak keluarga, dengan berwisata ke salah satu situs kerajaan kesultanan deli.

Istana Maimoon, yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Kota, Sumatera Utara, menjadi salah satu icon di Kota Medan. Berwisata di objek sejarah ini tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak.

Baca: Ibu Aktor Axel Andaviar Akui Anaknya Hamili Perempuan di Luar Nikah

Tidak harus pergi keluar kota, sebahagian warga Kota Medan menghabiskan waktu liburnya dengan bermain dan menikmati suasana di situs kerajaan melayu Istana Maimoon.

"Dengan tidak mengeluarkan kocek banyak, warga dapat menikmati liburan dengan nuansa melayu deli. Makanya, kami pun memilih untuk berlibur di sini, sekalian memberitahu pada anak-anak, bahwa ini merupakan situs sejarah," ujar Danil, salah seorang pengunjung Istana Maimoon.

Istana Maimoon, merupakan situs wisata kesuktanan deli terkenal pada masanya. Cerita sejarah ini, menjadi magnet ketertarikan bagi warga untuk melihat langsung warisan kesultanan deli.

Pengunjung tidak hanya datang dari Kota Medan, namun juga berasal dari daerah-daerah di Sumatera Utara, bahkan dari kota-kota besar Indonesia.

Marjon, salah seorang pengunjung asal Ibukota Jakarta menyatakan, selain dekat dengan hotel tempat ia menginap, Istana Maimoon sudah menjadi sasaran wisata jika berkunjung ke Medan.

"Kalau ke sini, pastinya disempatkan untuk berfoto. Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana sejarahnya," katanya.

Ia pun sangat senang, bisa berfoto dengan menggunakan pakaian adat melayu yang tersedia di Istana Maimoon. Untuk berfoto ini, pengunjung hanya mengeluarkan kocek senilai Rp 15 ribu.

"Tapi memang untuk foto pakaian adat ini, tidak terlalu kondusif, karena panjang antreannya," terangnya.

Istana Maimoon, sudah lama menjadi primadona wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan asing. Selain tempatnya yang asri, di dalam Istana Maimoon terdapat juga foto-foto kesultanan dari masa ke masa.

(raj/tribun-medan.com) 

Penulis: Ryan Achdiral Juskal
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help