TribunMedan/

Mudik 2017, Jumlah Penumpang Pesawat Naik Delapan Persen

Jumlah penumpang pesawat pada musim mudik Lebaran tahun 2017 di Bandara Kualanamu mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Mudik 2017, Jumlah Penumpang Pesawat Naik Delapan Persen
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN
Ganeral Manager Bandara Kualanamu, Arif Darmawan (tengah) memberikan penjelasan terkait kenaikan jumlah penumpang pesawat pada arus mudik lebaran tahun 2017 Rabu, (5/7). Ditahun ini jumlah kenaikan penumpang pesawat mencapai 8,49 persen. 

TRIBUN-MEDAN.com, PAKAM - Jumlah penumpang pesawat pada musim mudik Lebaran tahun 2017 di Bandara Kualanamu mengalami peningkatan yang cukup drastis dibanding tahun sebelumnya. Ganeral Manager Bandara Kualanamu, Arif Darmawan mengatakan tahun ini ada peningkatan sebesar 8,49 persen dibanding tahun 2016. Disebut kalau peningkatan juga berdampak kepada kenaikan jumlah pesawat.

" Tahun ini jumlah penumpangnya mencapai 605.179. Kalau tahun lalu hanya 557.804 penumpang jadi memang drastis. Total jumlah pesawat pada angkutan lebaran tahun 2017 juga mengalami kenaikan 10,75 persen. Jika ditahun lalu jumlahnya mencapai 3.991 pesawat ditahun ini jumlahnya mencapai 4.420 pesawat,” ujar Arif Darmawan dalam konferensi pers di ruang media center Bandara Kualanamu Rabu, (5/7/).

Baca: Pascamudik Jalinsum Masih Tampak Padat

Baca: Mobil Truk Dilarang Melintas di Jalinsum Selama Arus Mudik, Ini Surat Edaran dari Polisi

Arif mengatakan, pada musim mudik Lebaran ini PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu melaksanakan posko terpadu angkutan lebaran tahun 2017 di area kedatangan bandara selama 19 hari. Waktunya dimulai dari tanggal 15 Juni hingga 4 Juli 2017. Disebut kalau kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan yang prima kepada para pengguna jasa bandara.

“Pada angkutan Lebaran tahun ini mulai dari tanggal 15 Juni hingga 3 Juli terdapat penambahan 169 extra flight. Untuk penerbangan domestik ada 119 penerbangan sedangkan untuk internasional ada 50 penerbangan. Maskapainya paling banyak mengajukan extra flight Citylink dan Lion Air. Kalau Garuda mereka memakai pesawat yang lebih besar," kata Arif.

Berdasarkan data yang ada disebut kalau penerbangan paling banyak pada musim lebaran ini menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta. Sementara itu untuk yang Internasional paling banyak ke Kuala Lumpur. Atas kondisi keamanan yang sangat baik dan kelancaran pelayanan Arif pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suasana mudik lebaran ini seperti kepada TNI, Polri dan masyarakat.

Baca: Libur Lebaran, Museum 3D Kualanamu Capai Ribuan Pengunjung

“Intinya alhamdulillah semua lancar ditahun ini. Yang jelas ini tidak terlepas karena bantuan semua pihak. Tidak ada kejadian keamanan yang mengkhawatirkan. Alhamdulillah semua mampu kita layani. Untuk tingkat ketepatan waktu hampir 90 persen penerbangan tepat waktu,”katanya.
Kabid Keamanan Angkatan Udara dan Kelayakan Udara Otoritas Bandara, Herry A Batubara mengaku sangat mengapresiasi penanganan yang telah dilakukan oleh semua pihak baik dari pihak AP II dan juga maskapai. Ia berharap agar dikemudian hari nanti kondisi yang serupa bisa kembali terulang.

“ Selain kepada TNI dan Polri yang telah membantu pengamanan di sini kita juga berterimakasih atas dukungan yang telah diberikan kepada Pemerintah Daerah mulai dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten,” kata Herry.(*)

 

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help