TribunMedan/

Catat tanggalnya! Grup Orchestra Spanyol Akan Bersanding dengan Musik Tradisional Batak

Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kunjungan Vinculos ke Indonesia, sebelum nantinya berkunjung ke ibu kota Jakarta dan kepulauan Ser

Catat tanggalnya! Grup Orchestra Spanyol Akan Bersanding dengan Musik Tradisional Batak
IST
Kelompok musik orchestra Vinculos asal Madrid, Spanyol yang akan berkunjung ke Danau Toba mulai tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2017 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Royandi Hutasoit

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR- Sebuah kelompok musik orchestra Vinculos asal Madrid Spanyol berjumlah sekitar 50 orang akan berkunjung ke Danau Toba mulai tanggal 27 Juli hingga 2 Agustus 2017 mendatang. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kunjungan Vinculos ke Indonesia, sebelum nantinya berkunjung ke ibu kota Jakarta dan kepulauan Seribu.  

Ini merupakan kunjungan pertama mereka di Asia dengan membawa misi pertukaran budaya, sosial dan pendidikan.

Vinculos sendiri adalah sebuah inisiatif dari Siero Chamber Orchestra (OCAS) Spanyol yang mengkampanyekan intergrasi sosial dan budaya melalui musik. 

Baca: Luhut Panjaitan: Investasi di Danau Toba Bersifat Business to Business

Baca: Kereta Api Medan-Danau Toba Ditargetkan Beroperasi 2020

Vinculos telah tampil di 12 negara dengan melakukan lebih dari 300 konser musik, lebih dari 150 buah alat musik telah didistribusikan dan sudah menyelenggarakan lebih kurang 100 kali kegiatan workshop dan master-class.

Kegiatan yang didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI ini dilaksanakan di tiga lokasi kabupaten, yakni Kota Balige dan Laguboti di Kabupaten Tobasa; Desa Bakkara di Kabupaten Humbahas;  dan Desa Sianjur Mula-mula, Lumban Suhi-suhi dan Sigulati di Kabupaten Samosir. 

Lokasi kegiatan ini sengaja dirancang oleh pihak Direktorat Jenderal Kebudayaan agar “Taman Bumi Kaldera Toba” (Caldera Toba Geopark) dengan tema “Super Volcano” yang menjadi ikon kawasan Danau Toba saat ini dapat memberi nilai lebih untuk kunjungan musikal grup Vinculos di Tanah Batak.

Di samping konser karya-karya musik orkestra yang akan mereka tampilkan, Vinculos juga akan berkolaborasi secara khusus dengan kelompok musik uning-uningan Batak Toba, Mataniari yang dibentuk oleh Rithaony Hutajulu  dan Irwansyah Harahap, pengajar di departemen Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya USU. 

Dalam kolaborasi yang akan ditampilkan ini beberapa komposisi tradisi musik gondang Batak dan nyanyian Opera Batak akan dielaborasi dalam format orchestra. 

Halaman
12
Penulis: Royandi Hutasoit
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help