TribunMedan/
Home »

Video

NEWSVIDEO: Positif Alami Gangguan Jiwa, Hakim Perintahkan Terdakwa ke Rumah Sakit

"Kamu masih bisa sembuh. Jadi majelis hakim menetapkan agar dibantarkan penahanannya ke rumah sakit jiwa,"

Laporan Wartawan Tribun Medan / Azis Husein Hasibuan

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN – Budi Santoso alias Budi Bewok (37), terdakwa kepemilikan sabusabu diperintahkan majelis hakim agar menjalani perawatan karena dianggap mengalami gangguan jiwa.

Dalam penetapan majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU) diperintahkan membawa Budi Bewok untuk ditangani Rumah Sakit Jiwa Prof Dr Ildrem di Medan Tuntungan.

"Kamu masih bisa sembuh. Jadi majelis hakim menetapkan agar dibantarkan penahanannya ke rumah sakit jiwa," kata majelis hakim Aswardi Idris di Ruang Cakra V PN Medan, Senin (17/7/2017).

Saat disidangkan, Budi Bewok kerap melontarkan perkataan nyeleneh, sehingga mengganggu konsentrasi majelis hakim saat pembacaan penetapan pembantaran.

Baca: Polda Fokus Penanganan Kapolres Marudut Liberty

Di persidangan, Budi didampingi ibu kandung dam putri semata wayangnya yang sengaja hadir.

Ternyata Budi Bewok masih ingat keluarganya.

"Ini ibu saya namanya Ibu Kartini dan anak saya bang," ujar pria pendek berkulit hitam ini.

Dari penjelasan JPU Tuti menyebut, memang sengaja menghadirkan Budi Bewok di hadapan majelis hakim untuk berkoordinasi layak atau tidaknya dibantarkan ke rumah sakit jiwa.

"Kami menganggap dia (Budi Bewok) hanya pura-pura gila. Soalnya sewaktu tahap dua, dia tidak seperti ini," kata jaksa Kejati Sumut ini.

Atas penetapan majelis hakim, jaksa segera mengeluarkan Budi Bewok yang sebelumnya berstatus narapidana di Rutan Klas IA Tanjunggusta untuk segera diobati ke rumah sakit jiwa.

(ase/tribun-medan.com)

Penulis: Azis Husein Hasibuan
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help