TribunMedan/
Home »

Cetak

Tren Bikin Halaman Rumah Jadi Asri, Dongkrak Omset Bisnis Ini

ia mengaku menjual aneka tanaman dan bunga seperti bonsai, bunga bougenville dan lainnya. Ada pula tanaman buah dalam pot (tabulampot)

Tren Bikin Halaman Rumah Jadi Asri, Dongkrak Omset Bisnis Ini
Tribun Medan/Silfa Humairah
Ilustrasi 

TRIBUN–MEDAN.com - Siapa yang tidak senang jika melihat halaman rumah penuh tanaman? Tanaman bukan hanya membuat rumah lebih indah, tapi juga membersihkan udara dan sedap dipandang mata. Rumah dengan banyak tanaman tentu lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Seiring dengan kesadaran masyarakat yang menginginkan hunian asri dengan membuat pekarangan atau taman di rumah membuat para penjual tanaman laris manis diburu pembeli.

Sentra tanaman hias bisa dengan mudah dijumpai di sepanjang ruas jalanan Kota Medan, satu diantaranya di Jalan Karya Wisata Medan Johor.

Baca: Bisnis Tanaman Hias Menjanjikan

Putri Garden yang dimiliki oleh Hasnita Pane misalnya, kerap didatangi para pecinta tanaman dan bunga. Tak salah, para pelanggannya memilih karena selain harga yang murah, tanaman yang tersedia cukup lengkap.

“Untuk harga dijual mulai dari Rp 10 ribu hingga ratusan ribu,” ujarnya.

Ia mengaku menjual aneka tanaman dan bunga seperti bonsai, bunga bougenville dan lainnya. Ada pula tanaman buah dalam pot (tabulampot), seperti jambu, pisang hingga alpukat.

Menurutnya, berkat tren masyarakat yang mulai membenahi rumah menjadi lebih asri dengan tanaman. Bisnis di dunia gardening pun cukup terbilang menarik.

“Penjual tanaman juga harus hobi, karena mulai dari hobi lah setiap hal yang kita kerjakan terasa menyenangkan. Urusan rezeki sudah diatur Tuhan. Penting kita optimis kalau peminatnya masih banyak dan setia,” terangnya.

Ia mengatakan, modal yang diperlukan tergantung kebutuhan. Mulai dari Rp 5-10 juta, kita sudah bisa memulai membuka usaha sendiri.

Sayang, Hasnita enggan membeberkan nilai omzet yang bisa dipetik dari bisnisnya. Yang jelas, kata dia, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan.

Untuk anggaran yang ia keluarkan pun dapat dikatakan masih tergolong murah. Sehingga, calon penjual yang hendak mencoba bisnis usaha tanaman tak perlu kuatir.

Hasnita menambahkan, belakangan mulai marak usaha tanaman hidroponik yang beromset tinggi.

“Lahan pertanian di Medan kan sempit ya mana jarang lihat lagi. Jadi peluang juga untuk yang mau mencoba budidaya tanaman hidroponik,” imbuhnya. Menurutnya tanaman hidroponik bisa dijual sekitar Rp 5.000-Rp 40.000.

Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help