TribunMedan/
Home »

News

» Jakarta

Untuk Pertama Kalinya Gerindra Buka Koalisi dengan Demokrat, Ini Alasannya

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungkapkan partainya sangat mungkin berkoalisi dengan Partai Demokrat pada Pemilu 2019.

Untuk Pertama Kalinya Gerindra Buka Koalisi dengan Demokrat, Ini Alasannya
Tribunnews.com
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/3/2013). (Tribunnews.com) 

TRIBUN-MEDAN.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengungkapkan partainya sangat mungkin berkoalisi dengan Partai Demokrat pada Pemilu 2019. 

Alasannya, Demokrat pernah 10 tahun menjadi partai penguasa pemerintahan. SBY selama 10 tahun pernah menjabat sebagai Presiden RI.

"Tentu sangat potensial. Partai Demokrat sangat harus diperhitungkan," kata Riza ditemui di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Oleh karena itu, kata Riza, Gerindra akan sangat terbuka apabila bisa berkoalisi dengan Demokrat. Tetapi dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan koalisi dengan partai-partai lain seperti PKS dan PAN.

Baca: WOW! SBY dan Prabowo Akan Bertemu, Mau Bahas Apa Sih?

Baca: SBY dan Prabowo Akan Bertemu, Demokrat Yakin Ada Keputusan Bagus

Lalu bagaimana peluang koalisi dengan partai pendukung pemerintah saat ini?

"Oh, koalisi kita sangat cair. Kita tahu peta politik Indonesia saat ini. Jadi kalau bicara koalisi, sangat dimungkinkan," ucap Riza.

Lebih lanjut, dia meminta publik jangan cepat menarik asumsi bahwa akan terbagi dua kubu koalisi, yaitu partai-partai yang mendukung ambang batas (presidential threshold) dan partai-partai yang menolak PT.

"Jangan kita terlalu cepat membagi dua, karena PT. Jadi, ada 6 lawan 4. Saya kira itu terlalu cepat mengambil kesimpulan," kata Riza.

"Sangat dimungkinkan partai pendukung pemerintah saat ini malah mendukung calon-calon lain, termasuk Pak Prabowo umpamanya," pungkasnya.

Berita Ini Sudah Tayang di Kompas.com dengan judul 10 Tahun SBY Jadi Presiden, Gerindra Buka Koalisi dengan Demokrat

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help