TribunMedan/

Garuda Indonesia Optimistis Kinerjanya Akan Positif di 2017

“Melalui momentum pertumbuhan kinerja yang berhasil dicapai itu, kami optimistis kinerja operasional dan keuangan perusahaan akan terus tumbuh.."

Garuda Indonesia Optimistis Kinerjanya Akan Positif di 2017
(KOMPAS.com/SRI LESTARI)
Pesawat Garuda yang parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk, BUMN penerbangan, optimistis kinerja operasional dan keuangannya akan positif di akhir 2017. Perseroan menerapkan strategi transformasi finansial berkelanjutan untuk menekan net loss.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan indikator perbaikan kinerja perseroan yakni pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 7 persen di semester I 2017 menjadi 1,9 miliar dollar AS dibandingkan semester I 2016.

Baca: Misbakhun Klaim Tak Ada Pelemahan KPK oleh Pansus Angket

Menurutnya, pencapaian ini sejalan dengan strategi transformasi finansial berkelanjutan yang dilakukan perusahaan.

Dengan strategi itu, Garuda Indonesia berhasil menekan net loss pada kuartal II 2017 dengan nilai net loss sebesar 38 juta dollar AS, turun cukup signfikan hingga 62 persen jika dibandingkan dengan net loss kuartal I 2017 sebesar 99,1 juta dollar AS.

“Melalui momentum pertumbuhan kinerja yang berhasil dicapai itu, kami optimistis kinerja operasional dan keuangan perusahaan akan terus tumbuh positif hingga akhir tahun 2017 ini," kata Pahala, Kamis (27/7/2017).

Pahala merinci, kinerja operasional yang tumbuh positif tersebut salah satunya ditunjang oleh pendapatan internasional pada kuartal II 2017 yang meningkat 16 persen dengan jumlah penumpang internasional yang juga meningkat 14,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu pendapatan penumpang internasional pada semester I 2017 mencapai 653,3 miliar dollar AS, atau lebih besar dibandingkan pendapatan penumpang domestik sebesar 630,7 miliar dollar AS.

Hal tersebut mengindikasikan membaiknya bisnis penerbangan Garuda pada sektor internasional kedepannya.

Peningkatan signifikan juga tercatat pada pendapatan sektor non-scheduled flight services di semester I 2017 yang tumbuh signifikan sebesar 131,8 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2016.

Halaman
12
Editor: Sofyan Akbar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help