TribunMedan/

Ngopi Sore

Mari Tertawa Bersama SNSD

Selain kekeliruan kabar, kelucuan juga dipicu oleh kekeliruan mengidentifikasi SNSD itu sendiri.

Mari Tertawa Bersama SNSD
pintares.com
GIRL band SNSD 

SNSD akan datang ke Indonesia dan belum-belum rencana ini sudah melesatkan tawa. Padahal mereka girl band, dari Korea Selatan pula, bukan pelawak dan tak pernah dikabarkan terkaitpaut dengan hal-hal yang berhubungan dengan komedi.

Mereka bersembilan dan dikenal juga dengan nama lain yang tak kalah populer, Girl's Generation, adalah perempuan-perempuan bening bohai dan serius meniti karier sebagai penari yang menyanyi.

Iya, pendapat saya tentang sebagian besar girl band (juga boy band) Korea Selatan belum bergeser. Bagi saya, mereka adalah penari yang menyanyi, bukan penyanyi yang menari.

Anda sulit membedakan mana penari yang menyanyi dan mana penyanyi yang menari?

Baik, mari kita runut pelan-pelan. Anda tahu Usher? Tahu Beyonce dan Bruno Mars? Atau tahu mendiang Michael Jackson? Kira-kira seperti merekalah penyanyi yang menari.

Sebagai penyanyi, modal utama mereka adalah suara. Gerak tari, secanggih dan sekeren apa pun, hanya pendukung. Kecuali barangkali untuk Michael Jackson yang berhasil membuat gerak tari Moon Walker mendapatkan tempat tersendiri dalam sejarah dunia.

Sampai di sini, Anda sudah bisa memahami bedanya? Jika belum, tontonlah video-video girl band dan boy band Korea Selatan. Lihatlah bagaimana ciamiknya gerak-gerak tarian mereka. Namun lihatlah pula betapa kadang-kadang mereka lupa membuka mulut saat menyanyi.

Tentu, tidak semuanya demikian. Ada juga beberapa girl band dan boy band yang satu dua anggotanya memiliki kemampuan vokal mumpuni. Namun, memang, dibandingkan kemampuan bernyanyi, kemampuan olah vokal, secara umum kemampuan lip sync memegang peranan yang lebih besar.

Lalu, apa hubungannya dengan tawa? Tak kurang tak lebih karena suara-suara sumbang yang mengiringi kabar kedatangan mereka. Pertama, kekeliruan kabar bahwa SNSD akan tampil dalam gelar perayaan 17 Agustusan yang diselenggarakan pemerintah.

Kabar ini segera digempur sekian rangkai perisakan. Terutama tentu saja yang ditujukan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mulai dari perisakan ringan yang masih bertendensi humor hingga yang serius nyelekit dan menyiratkan kemarahan.

Halaman
12
Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: T. Agus Khaidir
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help